Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Negara Terkecil di Dunia

Meski wilayahnya kecil, ada negara yang padat penduduk, sumber daya alam yang berlimpah dan termasuk negara tertua.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica (2015), berikut lima negara dengan luas terkecil:

Vatikan

Vatikan adalah negara terkecil di dunia. Luas wilayahnya 0,44 kilometer persegi dan berada di Benua Eropa tepatnya di dalam Kota Roma, Italia.

Jumlah penduduk di Vatikan sekitar 1.000 jiwa menurut data pada 2017.

Dilansir Encyclopaedia Britannica (2015), di negara Vatikan terdapat pusat gereja Katolik di seluruh dunia, yakni Basilika Santo Petrus.

Vatikan adalah negara yang sepenuhnya merdeka.

Dinding abad pertengahan dan Renaissance (abad pembaharuan) membentuk batas-batas wilayahnya kecuali di lapangan Santo Petrus. Dinding-dinding tersebut dibangun untuk melindungi Paus yang merupakan pemimpin tertinggi umat Katolik.

Vatikan berdiri pada 11 Februari 1929 sesuai perjanjian Lateran antara Wakil Kepala Pemerintah Tahtah Suci dengan Italia. Isi utama perjanjian Lateran adalah diakuinya negara Vatikan yang berdaulat dan independen di bawah pemerintahan tanah suci.

Status istimewa bagi agama Katolik di Italia, dan ganti rugi terhadap Vatikan atas kerugian yang diderita ketika Italia didirikan.

Sistem pemerintahan di Vatikan adalah Teokrasi. Teokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana prinsip-prinsip ilahi memegang peran utama.

Pemimpin tertinggi di Vatikan, Paus Fransiskus. Sementara kepala pemerintahan dipegang seorang presiden bernama Giuseppe Bertello.

Monako

Negara Monako merupakan terkecil setelah Vatikan.

Monako memiliki luas wilayah 2 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sebanyak 30.645 jiwa sesuai data tahun 2017. Dengan jumlah itu Monako dikenal sebagai negara terpadat di dunia.

Diberitakan Kompas.com (25/10/2018), wilayah Monako merupakan daerah pantai yang berada di sepanjang Laut Mediterania sebelah tenggara Perancis dan berdekatan dengan perbatasan Italia.

Wilayah Monako menempati serangkaian bukit yang padat dan tanjung menghadap selatan di atas Mediterania. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Perancis.

Meski punya wilayah kecil, Monako memiliki penataan kota yang teratur. Wilayah teluk-teluk kecil yang bersih, ditambah dengan kapal-kapal yang bersandar.

Monako sudah ada sekitar abad ke-6, pada 1215 sebuah negara bernama Genoa membangun bentang di dalam wilayah dan dikenal saat ini sebagai negara Monako.

Penguasaan pertama Monako ada di tangan keluarga Grimaldi pada 1297, tapi bukan penguasaan secara permanen. Baru pada 1419, Grimaldi membeli Monako dan menjadi penguasa resmi.

Sistem pemerintahan di Monako adalah Monarki semi-konstitusional. Dalam pemerintahannya itu perdana menteri pemegang kekuasaan eksekutif, namun raja masih memiliki kekuatan politik yang cukup besar untuk melaksanakan kebijakannya sendiri.

Nauru

Negara Nauru merupakan negera terkecil di Benua Australia dan ketiga di dunia. Luas wilayah Nauru hanya 21 kilometer persegi dengan jumlah penduduk 9.540 jiwa.

Letak negara Nauru hanya satu wilayah pulau yang berada di antara luasnya Samudera Pasifik.

Diberitakan Kompas.com (8/12/2014), Nauru memiliki kekayaan berlimpah karena ditemukannya fosfat dari ribuan tahun sebelumnya.

Bahkan memiliki pertambangan fosfat pertama yang didirikan pihak asing. Pada 1980-an, Nauru menjadi negara terkaya dunia.

Namun, pada 2001 Nauru mulai bergantung dan berhutang kepada negara lain, yakni Australia. Karena Nauru mengalami kerusakan parah hingga 75 persen akibat dari eksploitasi pertambangan di Kepulauan Nauru.

Persediaan fosfat mengalami penurunan drastis. Bahkan Penduduk di sana sebagian besar mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

Karena saat menjadi kaya raya, membuat warga Nauru meninggalkan pekerjaan dan memilih untuk berlibur. Mereka juga mulai gemar mengonsumsi alkohol dan merokok.

Pada 2007, WHO mengumumkan bahawa 71,7 persen penduduk Nauru kelebihan berat badan.

Tuvalu

Negara Tuvalu hanya hanya memiliki luas wilayah 26 kilometer dengan jumlah penduduk mencapai 10.472 jiwa dan memiliki infrastruktur jalan raya sepanjang 8 kilometer.

Dulu Tuvalu dikenal sebagai Kepulauan Ellice yang terletak di antara Hawaii dan Australia di Samudera Pasifik.

Tuvalu merupakan negara bekas jajahan Inggris dan memperoleh kemerdekaan pada 1 Oktober 1978.

Potensi pariwisata di Tuvalu sangat besar. Karena karakteristik wilayah Tuvalu merupakan pulau cantik dihamparan pasair putih yang asri.

Namun, jarak yang terlalu jauh dari negara-negara tetangga dan sulitnya tranportasi membuat pariwisata tidak berkembang.

San Marino

San Marino merupakan negara republik yang memiliki wilayah 61,2 kilometer persegi. Jumlah populasi penduduk di San Marino mencapai 30.000 jiwa.

San Marino dikenal sebagai negara tertua di dunia yang didirikan pada 3 Sepetember 301. Secara geografis, San Marino adalah negara terkurung daratan yang keseluruhan wilayahnya dikelilingi oleh satu negara, yakni Italia.

Sistem pemerintahan di San Marino Republik Parlementer. San Marino termasuk negara maju yang bergantung pada pariwisata, perbankan, dan manufaktur.

(Sumber: Kompas.com/Luthfia Ayu Azanella | Editor: Bayu Galih/Bambang Priyo Jatmiko)

https://www.kompas.com/skola/read/2020/01/18/090000269/5-negara-terkecil-di-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke