Unsur dan Jenis Seni Rupa

Kompas.com - 27/03/2020, 17:15 WIB
Pengunjung melihat lukisan dalam pameran bertajuk ART TURNS. WORLD TURNS. di Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN), Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (4/11/2017). Pameran ini menampilkan 90 karya seni dari 800 koleksi Haryanto Adikoesomo mulai dari seni rupa modern Indonesia hingga seni modern dan kontemporer dari seluruh dunia. Pameran terbuka untuk umum pada 4 November 2017 hingga 18 Maret 2018. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGPengunjung melihat lukisan dalam pameran bertajuk ART TURNS. WORLD TURNS. di Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN), Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (4/11/2017). Pameran ini menampilkan 90 karya seni dari 800 koleksi Haryanto Adikoesomo mulai dari seni rupa modern Indonesia hingga seni modern dan kontemporer dari seluruh dunia. Pameran terbuka untuk umum pada 4 November 2017 hingga 18 Maret 2018. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Seni rupa merupakan seni yang nampak oleh indera penglihatan. Seni rupa disebut juga sebagai bentuk ekspresi seseorang dengan menumpahkannya menjadi sebuah karya sastra yang memiliki nilai unik tersendiri.

Dalam buku Seni Rupa dan Seni Teater 3 (2007), karya seni rupa telah dibuat sejak munculnya kehidupan manusia di muka bumi ini.

Di mana dimulainya dari pembuatan benda-benda praktis berupa peralatan untuk mempertahankan hidup ataupun peralatan upacara yang terkait dengan kepercayaan berupa benda-benda yang bersifat magis, seperti patung arwah nenek moyang.

Seiring dengan perkembangan zaman dan peradaban manusia, kegiatan berkesenian tumbuh dan berkembang. Sehingga menjadikan karya-karya seni semakin beragam dan variatif.

Hal ini disebabkan perkembangan manusia semakin berkembang, kreatif, dan dinamis dalam mengembangkan konsep berkarya, mengembangkan ide-ide baru, dan menggali kemungkinan menemukan bahan-bahan dan teknik terbaru dalam berkarya.

Baca juga: Seni Rupa: Pengertian dan Sejarah

 

Unsur seni rupa

Seni rupa memiliki beberapa unsur, yakni:

  • Titik

Titik merupakan unsur yang paling kecil dan merupakan dasar dari semua seni yang akan dibuat.

  • Garis

Garis merupakan unsur yang menggabungkan semua titi-titik menjadi suatu bentuk tertentu. Pada garis tersebut akan membentuk ciri dan watak suatu karya seni, apakah itu kaku, lentur atau keras.

  • Bidang

Bidang merupakan hasil pengembangan dan penggabungan dari banyak garis. Sehingga menghasilkan beberapa sisi dalam karya seni.

  • Bentuk

Bentuk merupakan unsur yang membuat suata karya seni menjadi lebih bermakna. Tidak hanya itu tapi juga hidup secara detail dan sentuhan yang membuatnya lebih indah.

Baca juga: Cegah Corona, Polisi Bubarkan Pagelaran Seni Jaranan hingga Pesta Pernikahan di Jember

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber KBBI
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X