Saluran Pernapasan dan Bagiannya

Kompas.com - 27/03/2020, 16:30 WIB
Ilustrasi saluran pernapasan shutterstockIlustrasi saluran pernapasan

KOMPAS.com - Saluran pernapasan atau tractus respiratorius (respiratory tract) adalah bagian tubuh manusia yang berfungsi sebagai tempat lintasan dan tempat pertukaran gas dalam proses pernapasan.

Saluran ini berpangkal pada hidung atau mulut dan berakhir pada paru-paru.

Dalam buku Anatomi Tubuh Manusia (2008) karya Daniel S Wibowo, udara yang diisap pada waktu menarik napas (inspirasi) biasanya masuk melalui hidung.

Kemudian, udara disaring oleh bulu hidung yang terdapat di bagian dalam lubang hidung.

Setelah itu udara pernapasan masuk ke dalam rongga hidung kiri dan kanan. Rongga hidung dipisahkan oleh sekat atau septum nasi.

Septum ini dibentuk oleh tulang di bagian sebelah dalam dan oleh tulang rawan di sebelah luar.

Baca juga: Gangguan Sistem Pernapasan Manusia

Karena terbuat dari tulang rawan, hidung masih bisa digerakkan ke kiri dan ke kanan. Namun, jika gerakan terlalu kasar, sekat atau septum akan bergeser dari tempatnya (deviatio septi).

Hal ini menyebabkan timbulnya gejala hidung tersumbat. Deviatio juga dapat terjadi pada seseorang yang terkena pukulan keras, sehingga harus dilakukan operasi pencabutan tulang rawan.

Bagian saluran pernapasan

Saluran pernapasan dalam manusia terbagi menjadi dua, yaitu:

  • Saluran pernapasan bagian atas

Dalam buku Buku Ajar Asuhan Keperawatan Dengan Gangguan Sistem Pernapasan (2012) karya Arif Muttaqin, saluran pernapasan bagian atas terbagi menjadi sebagai berikut:

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X