Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Asia Selatan: Negara dan Ibukotanya

KOMPAS.com - Asia Selatan secara topografis didominasi oleh Lempeng Hindia dan sebagian besar dibatasi oleh Samudera Hindia di Selatan dan Pegunungan Himalaya, Karakoram, dan Pamir di utara. 

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, Asia Selatan, terdiri dari Dataran Indo-Gangga dan Semenanjung India.

Ini termasuk negara-negara Bangladesh, Bhutan, India, Pakistan, Nepal, Sri Lanka, Afghanistan dan Maladewa.

Asia Selatan sering mendapat julukan anak benua India, karena banyak mendapat pengaruh dari India. 

Berikut negara beserta ibu kota di Asia Tenggara: 

Bangladesh berbatasan dengan India di bagian barat, utara, dan timur. Kemudian di bagian tenggara berbatasan dengan Myanmar, dan di bagian selatan berbatasan dengan Teluk Benggala.

Ibu kota dan kota terbesar Bangladesh ialah Dhaka. Bangladesh memiliki jumlah penduduk terbesar kedelapan di dunia dan merupakan salah satu negara terpadat di dunia. Hari Kemerdekaan Bangladesh pada 26 Maret 1971. 

Afghanistan - Kabul 

Disadur dari situs Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, ibu kota Afghanistan adalah Kabul. 

Penduduk Afghanistan sekitar 38 juta jiwa di mana 4,5 juta orang tinggal di ibu kota. Luas Negara Afghanistan sekitar 652.869 kilometer. 

Di sebelah selatan dan timur Afghanistan berbatasan dengan Pakistan. Kemudian di sebelah barat berbatasan dengan Iran, di sebelah utara berbatasan dengan Turkmenistan, Uzbekistan, Tajikistan, dan di sebelah timur laut bebatasan dengan China. 

Hal ini membuat Afghanistan sangat bergantung pada negara-negara tetangga untuk perdagangan dan pasokan. 

Afghanistan menempati urutan ke-8 yang paling banyak memiliki pegunungan di dunia. Sehingga banyak wilayah yang sulit diakses. 

Sehingga negara ini sering disebut dengan landlocked country in Southeast Asia. Ibu Kota Bhutan ada di Thimphu. 

Bhutan memiliki lima musim yang berbeda, yaitu panas, monsun, gugur, dingin, dan semi. 

Di Bhutan barat memiliki musim hujan monsum lebih lebat dibandingkan wilayah lain. Di Bhutan selatan memiliki musim panas kering serta salju yang dingin. 

Sedangkan Bhutan tengah dan timur beriklim sedang, lebih hangat dan musim salju yang sedang.  

India - New Delhi 

Republik India merupakan negara ketujuh terbesar di dunia. India juga dikenal sebagai negara berpenduduk terpadat di dunia. Ibu Kota India ada di New Delhi. 

India berbatasan dengan Pakistan di sebelah barat. Kemudian di sebelah utara berbatasan dengan Bhutan, China, dan Nepal. Sedangkan sebelah timur berbatasan dengan Bangladesh dan Burma. India terkenal dengan kekayaan alam dan kebudayaan. 

Negara ini dikenal memiliki banyak pantai yang indah dan pemandangan bawah laut yang menarik. Penangkapan dan pengolahan ikan menjadikan Maladewa salah satu eksportir ikan ke beberapa negara Asia dan Eropa. 

Nepal - Kathmandu 

Nepal merupakan negara Asia yang terletak di sepanjang lereng selatan pegunungan Himalaya. Wilayahnya membentang sekitar 500 mil (800 kilometer) dari timur ke barat dan 90-150 mil dari utara ke selatan. Ibu Kota Nepal adalah Kathmandu. 

Nepal berada di antara India dan China, sehingga harus menjaga keseimbangan antara kedua negara dalam kebijakan luar negerinya. 

Salah satu kontribusi terbesar Nepal terhadap kepentingan geopolitik negara adalah fakta bahwa Nepal mampu menolak akses China ke Dataran Gangga. Sehingga Nepal menandai batas selatan di wilayah China di utara Himalaya di Asia. 

Pakistan - Islamabad 

Pakistan telah berjuang sepanjang keberadaannya untuk mencapai stabilitas politik dan pembangunan sosial yang berkelanjutan. 

Ibukotanya adalah Islamabad, di kaki pegunungan Himalaya di bagian utara negara itu, dan kota terbesarnya adalah Karachi, di selatan di pantai Laut Arab.

Pakistan terletak di kawasan Asia Selatan. Di sebelah Utara berbatasan dengan Afghanistan. Sebelah timur laut dengan China, sebelah timur  dengan India. Selatan dengan Laut Arab dan sebelah Barat dengan Iran. 

Sri Lanka merupakan negara pulau besar dengan beberapa pulau kecil di sekitarnya. Lebih dari tiga perempat wilayah Sri Lanka berada pada ketinggian di atas 200 meter permukaan laut dan sebagian besar berupa daerah perbukitan. 

Sri Lanka memiliki iklim tropis. Adanya angin musim dan berbagai bentuk relief di beberap atempat menyebabkan curah hujan beragam antara daerah satu dengan lainnya. 

Rata-rata curah hujan wilayah bagian barat dan tengah berkisar 2.250-5.450 milimeter, sedangkan di bagian timur dan utara sekitar 1.000 - 1.600 milimeter setiap tahunnya. 

https://www.kompas.com/skola/read/2022/04/13/201205269/asia-selatan-negara-dan-ibukotanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke