Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Proses Perkembangbiakan dengan Membelah Diri

KOMPAS.com – Salah satu ciri-ciri makhluk hidup adalah berkembangbiak atau menghasilkan keturunan untuk mempertahankan eksistensi spesies.

Semua makhluk hidup yang ada di Bumi dapat berkembangbiak, termasuk makhluk hidup bersel satu atau prokariotik seperti bakteri. 

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, metode utama reproduksi organisme prokariotik adalah pembelahan biner atau yang sering disebut dengan membelah diri.

Membelah diri adalah jenis reproduksi aseksual di mana sel induk membelah dan menghasilkan sel baru yang identik dengan induknya. Secara sederhana, membelah diri adalah proses kloning yang dilakukan prokariotik untuk berkembangbiak.

Proses perkembangbiakan membelah diri

Berikut adalah gambaran proses perkembangbiakan dengan cara membelah diri:

  • Berkembang pada waktu yang tepat

Proses membelah diri pada organisme prokariotik berjalan dengan cepat dan tidak terlalu rumit. Dilansir dari Departement of Microbiology Cornell University, untuk tetap hidup dan kompetitif bakteri harus membelah pada waktu yang tepat, di tempat yang tepat, dan menyediakan salinan lengkap materi genetik esensial untuk setiap keturunannya.

  • Dimulai dari kromosom DNA yang melingkar

Proses perkembangbiakan membelah diri dimulai dengan kromosom DNA untai tunggal yang melingkar mulai memanjang. Dalam proses ini DNA bereplikasi membentuk cincin, menyalin dirinya sendiri, memanjang dan menjauhi satu sama lain.

  • Dua materi genetik yang terpisah

Dua materi genetik yang identik kemudian akan terpisah. Dilansir dari OpenStax Rice University, cincin terbentuk dari protein berulang yang disebut dengan FtsZ (Filamenting temperature-sensitive mutant Z) yang kemudian akan mengarahkan partisi nukleiod.

  • Terbentuk cincin Ftsz

Cincin FtsZ terbentuk di tengah-tengah sel dan membuat bahan untuk membentuk membran serta dinding sel baru. Cincin FtsZ membentuk septum di anatara nukleoid yang memanjang bertahap menuju pusat. Pada proses inilah sel mulai membelah diri.

  • Sel terpisah dan menjadi dua sel baru

Septum membentuk mebran dan dinding sel baru yang memisahkan sitoplasma sel menjadi dua bagian yang identik satu sama lain. Pada proses inilah sel terpisah dan selesai membelah diri menjadi dua sel baru dengan ukuran juga materi genetik yang sama persis.

  • Berkembang hingga ukuran dewasa

Kedua sel tersebut kemudian bisa hidup dan tumbuh besar hingga ukuran dewasa dan berkembangbiak dengan cara yang sama. Makhluk hidup prokariotik yang membelah diri adalah archae, eubacteria, cyanobacteria, dan protozoa seperti amoeba.

Adapun makhluk hidup yang terlihat membelah diri seperti bintang laut dan cacing. Namun cacing sebenarnya bukan membelah diri melainkan melakukan fragmentasi.

Berbeda dengan membelah diri yang langsung menghasilkan organisme baru secara utuh, pada fragmentasi tubuh yang makhluk hidup yang terbelah akan tumbuh. Potongan tubuh tersebut kemudian akan tumbuh perlahan-lahan menjadi organisme baru.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/07/27/110000669/proses-perkembangbiakan-dengan-membelah-diri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke