Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fungsi dan Bentuk Seni Rupa

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), seni merupakan keahlian membuat karya yang bermutu (dilihat dari kehalusan, keindahan dan sebagainya). 

Seni memiliki beberapa jenis dan salah satunya adalah seni rupa. Dilansir Encyclopaedia Britannica (2015), seni rupa adalah seni yang memenuhi mata dan membangkitkan emosi melalui ekspresi keterampilan dan imajinasi. 

Dalam buku Ekspresi Seni Rupa Indonesia (2000) dalam seni rupa dibagi dalam kelompok, yakni seni murni (fine art) dan karya seni terapan (applied art). 

Berikut penjelasannya: 

  • Karya seni rupa murni (fine art)

Karya seni rupa murni adalah karya seni yang diciptakan semata-mata ditujukan untuk memenuhi kebutuhan batin seseorang yang berhubungan dengan rasa keindahan.

Seni rupa murni  mode ekspresi yang menggunakan keterampilan atau imajinasi dalam penciptaan estetika objek, lingkungan, atau pengalaman yang dapat dibagikan dengan orang lain.

  • Karya seni terapan (applied art)

Karya seni terapan memperhitungkan nilai fungsional. Dengan kata lain karya seni terapan menekankan pada kegunaan atau kepraktisan.

Fungsi seni rupa

Dilansir dari buku Art as image and idea (1967) karya Edmund Burke Feldman, membagi fungsi seni menjadi tiga bagian, yaitu:

1. The Personal Functions of Art (Fungsi individu)

Seni sebagai gambar visual atau media komunikasi yng bisa mengungkapkan seluruh dimensi kepribadian manusia, psikologis, dan keadaan tertentu.

Seni lebih dari simbol dan tanda-tanda yang digunakan seperti garis, warna, tekstur.

Keberadaan unsur-unsur ini memberi maksud dan makna kepada artis dan penontonnya. Contohnya seperti karya seni patung dan lukisan.

2. The Sosial Functions of Art (Fungsi sosial)

Seni memiliki fungsi sosial jika mempengaruhi kelompok manusia. Seni dibuat untuk dilihat dan atau digunakan dalam situasi umum yang menggambarkan aspek-aspek kehidupan bersama.

Contohnya bisa pada karya ilustrasi dalam buku, poster, dan gambar pada media baik cetak maupun elektronik.

3. The Physical Functions of Art (Fungsi fisik benda)

Feldman menggagas bahwa karya seni merupakan salah satu pengaturan.

Karya seni bisa berbentuk karya pribadi atau kelompok yang berbicara mengenai ruang, dimensi pemikiran dan konsep emosional.

Fungsi seni secara psikis menurutnya adalah tentang sisi dinamis seorang seniman dalam berkarya.

Contohnya perabotan, bangunan, interior, dan benda yang dipakai lainnya.

Berdasarkan bentuk atau wujudnya, seni rupa dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Seni rupa dua dimensi (dwimatra)

Karya seni yang memiliki dua ukuran atau sisi. Karya seni ini hanya memiliki panjang dan lebar saja, contoh seni rupa dua dimensi adalah lukisan, seni grafis, dan ilustrasi.

  • Seni rupa tiga dimensi (trimatra)

karya seni rupa yang memiliki tiga ukuran atau sisi yakni panjang, lebar, dan kedalaman. Karya seni ini bisa dilihat dari berbagai sisi dan sudut pandang, contoh dari karya seni tiga dimensi adalah patung, dan bentuk arsitektur bangunan.

https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/08/190000069/fungsi-dan-bentuk-seni-rupa-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke