Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Mahluk Nyari Abadi Tardigrade Bisa Hidup?

Kompas.com - 28/01/2024, 14:32 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tardigrade mungkin adalah hewan yang paling unik di planet ini.

Organisme mikroskopis ini memang punya penampakan yang menggemaskan. Namun di sisi lain mereka juga disebut sebagai mahluk paling tangguh yang nyaris abadi.

Baca juga: Bagaimana Makhluk Nyaris Abadi Tardigrade Bertahan di Kondisi Ekstrem?

Dengan ukuran 1 milimeter, tubuh kecil mereka mengandung kekuatan super biologis yang membantu mereka bertahan dalam kondisi yang dapat menyebabkan kematian bagi organisme lain.

Mengingat ketangguhannya, tentu menjadi pertanyaan berapa lama tardigrade bisa hidup?

Masa hidup tardigrade

Mengutip Live Science, Kamis (25/1/2024) jawabannya adalah tergantung di mana mereka ditemukan.

Tardigrade hidup hampir di semua tempat di planet ini, namun sebagian besar menyukai di habitat lembap.

Ketika tardigrade memiliki cukup makanan dan air untuk mendukung fungsi tubuhnya, mereka menjalani kehidupan alaminya dan jarang yang bertahan lebih dari 2,5 tahun.

Namun, tardigrade dapat bertahan hidup lebih lama jika mereka memasuki kondisi yang disebut kriptobiosis, yang dipicu ketika kondisi lingkungan menjadi tidak tertahankan.

"Tardigrade adalah mahluk kecil yang menarik. Mereka memiliki kemampuan untuk mengatasi lingkungan ekstrem dengan menutup metabolisme mereka. Kemampuan untuk mengatasi kekeringan atau pembekuan inilah yang memberi mereka daya tahan di Antartika," ungkap Sandra Mclnnes, peneliti tardigrade di British Antarctic Survey.

Kondisi tersebut disebut tun, di mana mereka akan memperlambat metabolisme hingga terhenti, mengurangi kebutuhan oksigen dan membersihkan sel dari air.

Baca juga: Bagaimana Mahluk Nyaris Abadi Tardigrade Kawin?

Dalam kondisi menyusut itu, tardigrade mampu bertahan hidup di tempat yang tidak memiliki air, pada suhu minus 200 Celcius dan suhu panas 151 derajat Celcius.

Namun saat mereka terkena air lagi, mereka akan hidup kembali ke kehidupan normal dalam hitungan jam.

"Selama tardigrade bisa berada dalam kondisi tun, ia akan mampu menghadapi apa pun," kata Mclnnes.

McInnes pernah mencairkan sampel lumut dari percobaan sebelumnya dan menemukan bahwa sampel tersebut mengandung tardigrade hidup. Dia menyimpulkan bahwa organisme tersebut telah bertahan, membeku, setidaknya selama delapan tahun.

Pada tahun 2016, sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal Cryobiology membuat heboh ketika menunjukkan bahwa segelintir tardigrade, yang dibekukan dalam sampel lumut Antartika lainnya pada tahun 1983, telah bertahan dalam keadaan dingin ini selama 30 tahun hingga mereka dihidupkan kembali pada tahun 2014.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com