Tas Peralatan Astronot yang Jatuh saat Spacewalk Terlihat dari Bumi

Kompas.com - 18/11/2023, 09:32 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Awal bulan ini, tepatnya tanggal 1 November, astronot NASA Jasmin Moghbeli dan Loral O’Hara, tidak sengaja menjatuhkan tas peralatan mereka saat sedang melakukan spacewalk di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Kini info paling anyar menyebut bahwa tas peralatan itu berada di orbit dan bahkan dapat dilihat dari Bumi.

Baca juga: Astronot Tak Sengaja Jatuhkan Tas Peralatan Saat Spacewalk

Ada di orbit Bumi

Mengutip Science Alert, Jumat (17/11/2023) tas tersebut bahkan telah diberi nomer katalog satelitnya sendiri dan juga telah terekam dalam video para pengamat bintang.

Menurut situs EarthSky, tas peralatan itu memiliki kecerahan seperti bintang berkekuatan 6. Artinya, tidak cukup terang untuk dilihat dengan mata telanjang, tetapi kemungkinan dapat diamati melalui teropong.

Visibilitas tersebut disebabkan oleh tas yang berwarna putih dan reflektif.

Jika Anda ingin mencoba dan menemukannya, cara terbaik adalah menemukan ISS terlebih dahulu.

Objek tersebut kira-kira lima menit lebih cepat dari stasiun luar angkasa pada 11 November, waktu yang akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Sementara melansir Live Science, astronom Harvard Center for Astrophysics (CfA) Jonathan McDowell mengungkapkan bahwa tas tersebut mengelilingi Bumi dalam orbit sekitar 415 kali 416 kilometer.

Untungnya, tas tersebut tidak berpotensi berbahaya bagi ISS dan para krunya.

Selama beberapa bulan ke depan, tas perkakas tersebut diperkirakan akan berputar lebih dekat ke Bumi sebelum akhirnya hancur di atmosfer.