Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Cangkang Kerang Terdengar seperti Suara Lautan?

Kompas.com - 02/06/2023, 19:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat berjalan-jalan di pantai dan tidak sengaja menemukan cangkang kerang yang sudah kosong, beberapa dari Anda mungkin pernah mencoba mendekatkannya ke telinga.

Uniknya, ada yang bisa terdengar saat mendekatkan cangkang ke telinga adalah suara lautan.

Akan tetapi mengapa kita bisa mendengar suara yang menyerupai laut di dalam cangkang? Apakah itu suara masa lalu cangkang atau ada sesuatu yang bisa dijelaskan?

Dikutip dari Live Science, Rabu (31/5/2023) Trevor Cox, profesor teknik akustik di University of Salford di Inggris menjelaskan bahwa suara yang terdengar itu bukanlah suara laut.

Alasan cangkang kerang terdengar seperti lautan

Jadi jika bukan suara laut yang terdengar, sebenarnya apa itu?

Baca juga: Mengapa Lobster Menjadi Merah Saat Dimasak?

Sebelumnya, mari cari tahu terlebih dahulu mengapa cangkang kerang dapat memproduksi suara.

Menurut Andres King, direktur Pusat Ilmu Saraf Integratif Universitas Oxford permukaan yang keras dan melengkung di dalam cangkang memantulkan gelombang suara, menyebabkan gelombang memantul di dalam cangkang.

Akibatnya cangkang bertindak sebagai resonator, meningkatkan frekuensi tertentu sehingga lebih keras saat cangkang diletakkan di dekat telinga.

"Anda mendengar kebisingan sekitar atau latar belakang yang telah ditingkatkan amplitudonya oleh sifat fisik kerang," ungkap King.

Frekuensi yang terdengar akan bergantung pada ukuran dan bentuk kerang. Jika cangkang kerang memiliki bentuk yang tidak beraturan kemungkinan akan beresonasi pada beberapa frekuensi.

Baca juga: Mengapa Paus Tidak Terkena Kanker?

 

"Kerang itu seperti alat musik tiup. Itu memiliki serangkaian frekuensi resonoasi di mana udara di dalam cangkang akan bergetar lebih kuat," terang Cox.

Menurut Cox dan King, kita sebenarnya tidak membutuhkan kerang untuk mendengar suara yang meniru suara lautan.

Itu bisa mendapatkan pengalaman serupa di rumah hanya dengan menggunakan cangkir atau mangkuk.

"Efek yang sama dihasilkan dengan menempatkan benda lain atau bahkan tangan Anda yang ditangkupkan di samping telinga. Apa yang terdengar sekali lagi ditentukan oleh ukuran dan bentuk benda itu," papar King.

Namun King mencatat bahwa kebisingan latar belakang harus ada agar apa pun dapat didengar. Jika ruangan benar-benar sunyi, tidak akan terdengar apapun karena tidak ada suara sekitar.

Jadi dalam kasus cangkang yang mengeluarkan suara seperti laut, itu juga ditentukan dengan kebisingan latar belakangnya.

"Jika Anda menggunakan cangkang kerang di pantai, suara ambien yang diubah oleh kerang adalah suara laut. Jadi, saya rasa Anda mendengarkan laut secara tidak langsung," tambah Cox.

Baca juga: Mengapa Kucing Suka Tidur di Atas Laptop?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com