Seperti Apa Bentuk Hewan Pertama yang Ada di Bumi?

Kompas.com - 19/05/2023, 11:34 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Peneliti baru-baru ini berhasil menemukan jawaban dari misteri berabad-abad yang sebelumnya belum berhasil dipecahkan.

Peneliti mengungkap mengenai hewan multisel yang pertama kali ada di Bumi.

Baca juga: Hewan Pertama di Dunia yang Memiliki Tulang, seperti Apa?

Gelar hewan pertama sebelumnya dipegang oleh Spons (Porifera). Alasannya adalah karena kesederhanaan anatominya, seperti kurangnya sistem saraf. Tetapi saat peneliti menggali lebih lanjut sejarah genetik, mereka menemukan Spons bukanlah yang pertama.

Mengutip Science Alert, Kamis (18/5/2023) data baru menunjukkan ubur-ubur sisir (ctenophores) adalah hewan pertama yang ada di Bumi, meski ubur-ubur sisir memiliki sistem saraf terdiferensiasi yang lebih kompleks.

Namun mereka adalah contoh bagus tentang bagaimana evolusi bukanlah perjalanan langsung menuju kompleksitas yang lebih besar.

"Nenek moyang dari semua hewan mungkin hidup 600 atau 700 juta tahun yang lalu. Sulit untuk mengetahui seperti apa karena mereka adalah hewan bertubuh lunak dan tidak meninggalkan catatan fosil langsung," jelas Daniel Rokhsar, ahli biologi molekuler dan penulis studi dari University of California.

"Tapi kita bisa menggunakan perbandingan di seluruh kehidupan hewan untuk belajar tentang nenek moyang kita," sambungnya.