Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fenomena Api Abadi di Dunia yang Tak Pernah Padam

Kompas.com - 11/03/2023, 10:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu misteri Bumi yang masih terus menarik perhatian peneliti adalah fenomena api abadi. Ternyata, tak hanya satu, fenomena api yang tak pernah padam ini juga ada di tempat lain di planet ini.

Secara teori, api membutuhkan tiga sumber untuk tetap hidup, yakni oksigen, bahan bakar, dan sumber panas. Saat ketiga hal itu habis, maka secara teori api akan padam.

Namun di beberapa tempat di planet ini, fenomena di mana api tetap menyala masih menjadi misteri. Api tersebut terus menyala, meski diterpa badai dan hujan.

Berikut tiga fenomena api abadi di dunia seperti dikutip dari Science ABC, Kamis (9/3/2023).

Api abadi di Azerbaijan

Negara Azerbaijan telah mendapatkan julukan 'Negeri Api' selama bertahun-tahun. Kebakaran bisa muncul di berbagai tempat di pegunungan negara ini.

Hal itu juga yang mungkin membuat lambang negara tersebut menampilkan lidah api merah di tengahnya.

Baca juga: Fenomena Cuaca La Nina Berakhir, tapi WMO Peringatkan Potensi El Nino

Meski menjadi sesuatu yang terbilang umum, namun ada yang menarik di Yanar Dag. Karena Negeri Api ini adalah salah satu tempat yang menyimpan fenomena api abadi yang tidak pernah padam, bahkan masih menyala hingga hari ini, termasuk saat musim dingin.

Catatan pertama mengenai keberadaan Yanar Dag ditulis oleh Marco Polo pada abad ke-13 saat ia mengunjungi kota Baku. Dalam catatannya, ia menyebut api terus menyala dan membentuk dinding api di sepanjang tepi gunung. 

Kini, kota Yanar Dag menjadi daya tarik wisata bagi para turis, dan objek wisata ini dilindungi negara.

Api abadi di Australia

Australia Timur memiliki komponen yang dibutuhkan supaya kebakaran tidak lekas padam, mulai dari vegetasi yang sangat kering, petir dan manusia yang tak jarang menjadi penyebabnya sendiri.

Kendati demikian, di antara kebakaran yang sering terjadi di wilayah Australia, ada satu yang paling terkenal dan bahkan mendapat predikat sebagai salah satu kebakaran terlama di dunia, yakni keberadaan fenomena aneh di mana api abadi terus berkobar tanpa pernah padam.

Baca juga: Fenomena Penyebab Potensi Cuaca Ekstrem di Indonesia Akhir Tahun 2022

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com