Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/02/2023, 18:08 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Banyak orang yang mengalami kecemburuan, terutama dalam hubungan romantis. Sangat normal untuk sesekali merasa khawatir pasangan kita mungkin tertarik pada orang lain.

Tetapi, bagaimana dengan perasaan cemburu terhadap seseorang di masa lalu pasangan kita? 

Ada istilah kecemburuan retroaktif yang merujuk pada kecemburuan seputar hubungan pasangan kita sebelumnya. Jika tidak diatasi, kecemburuan retroaktif ini bisa menjadi masalah bagi hubungan yang sedang dijalani.

Apa itu kecemburuan retroaktif?

Dilansir dari Psychology Today, kecemburuan retroaktif atau kecemburuan tentang masa lalu pasangan adalah masalah umum bagi banyak pasangan. 

Baca juga: Tidur Bersama Pasangan Disebut Lebih Menyehatkan, Studi Ini Jelaskan

Kita mungkin merasa bahwa masa lalu pasangan kita adalah sesuatu yang dapat mengancam hubungan kita saat ini sehingga kita terus mengkhawatirkannya. 

Kecemburuan ini dapat memicu banyak kecemasan. Kita menjadi terlalu khawatir bahwa mungkin pasangan kita akan kembali ke mantan kekasihnya atau kita terus membandingkan hubungan yang kita jalani dengan masa lalu pasangan.

Seseorang yang mengalami ini mungkin tetap bisa menjalani hubungannya dengan baik, tetapi tak dapat disangkal bahwa pikiran-pikiran ini pun dapat mengganggu. 

Cara mengatasi kecemburuan retroaktif

Dilansir dari Healthline, berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi kecemburuan retroaktif.

1. Terima dan validasi perasaan Anda

Langkah pertama untuk mengatasi emosi yang buruk adalah dengan mengakui dan menerimanya. Mungkin rasanya tidak nyaman, tetapi kecemburuan adalah emosi yang normal dan valid.

Baca juga: Cara Mengatasi Sperma Encer

Patrick Cheatham, psikolog klinis di Portland, Oregon, menyarankan agar kita untuk bertanya pada diri sendiri apa arti perasaan cemburu bagi kita.

Menurut Cheatham, setelah kita berhasil memahami arti kecemburuan, kita dapat mulai menghadapi ketakutan itu.

Merasakan kecemburuan retroaktif tidak membuat kita menjadi orang jahat, tetapi bisa menimbulkan emosi yang tidak diinginkan. 

Penting juga untuk mengakui dan mengatasi perasaan ini. Jika kita berpura-pura seperti tidak ada yang terjadi, perasaan itu mungkin menjadi lebih buruk.

2. Tempatkan diri Anda di posisi pasangan

Kita tentu mencintai pasangan kita dan ingin menjaga hubungan yang sedang dijalani. Keinginan ini dapat memengaruhi perasaan kita tentang masa lalu pasangan.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Burnout

Tapi, bagaimana jika kita pikirkan masa lalu kita? Kita mungkin memiliki beberapa mantan kekasih, tetapi hubungan itu sudah kita akhiri dan kita memilih untuk fokus pada hubungan yang sedang dijalani.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com