Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/08/2021, 21:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com – Mengatasi fobia atau ketakutan akan sesuatu tentu bukanlah yang mudah. Perlu usaha dan keberanian yang besar.

Meski demikian, fobia dan rasa takut bukanlah sesuatu yang tidak bisa dilawan dan dikalahkan.

Dilansir dari BBC Science Focus Magazine, berikut adalah 4 cara mengatasi fobia menurut sains:

1. Kenali apa yang ditakuti

Langkah pertama dalam mengatasi fobia adalah mengetahui dan mengenali apa yang ditakuti.

Fobia terhadap laba-laba lebih mudah untuk dijelaskan, namun agorafobia atau rasa takut akan tempat umum dan ruang terbuka memiliki akar penyebab yang mungkin lebih abstrak.

Mengidentifikasi dengan tepat mengenai apa yang benar-benar ditakuti dapat memberikan petunjuk tentang masalah apa yang harus ditangani.

Baca juga: Banyak Orang Takut Disuntik Vaksin Covid-19, Fobia Jarum Suntik?

2. Pahami apa yang ditakuti

Psikolog klinis biasanya menggunakan terapi perilaku kognitif untuk menangani fobia. Ini merupakan pendekatan dua arah yang menangani kecemasan dengan mengatasi pikiran dan sikap tentang rasa takut dan melawan respons fisik terhadap hal yang ditakuti.

Salah satu proses yang digunakan dalam cara ini adalah restrukturisasi kognitif. Mulailah dengan memperbaiki “pikiran yang salah” dengan membicarakan fobia yang dialami dengan orang lain.

3. Ambil tindakan

Setelah mengenali dan memahami apa yang ditakuti, langkah selanjutnya adalah mengambil tindakan yang lebih dekat dengan fobia yang dialami.

Proses ini dianggap sangat penting untuk kesuksesan menangani fobia karena di tahap inilah seseorang akan berhadapan langsung dengan hal yang ia takuti.

Misalnya, jika fobia dengan laba-laba, disarankan untuk sering melihat seseorang yang sedang memegang laba-laba.

Baca juga: Halo Prof! Saya Ada Keluhan tentang Fobia Nasi

Ketika hal tersebut tidak lagi sulit untuk dilakukan, selanjutnya adalah mencoba mendekati laba-laba, meski sedikit demi sedikit.

4. Hadapi secara bertahap

Mengatasi fobia dan rasa takut bukanlah hal yang instan. Membutuhkan waktu dan proses yang bertahap untuk mencapai tujuan.

Andy Field, peneliti dari Sussex University, memperingatkan bahwa melawan fobia secara langsung dapat mengakibatkan fobia tersebut memburuk.

“Jika Anda takut laba-laba dan mencoba menonton film Arachnophobia, tetapi akhirnya mematikannya di tengah jalan, Anda hanya memperburuk keadaan,” ujar Field.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com