Seberapa Besar Kekuatan Kibasan Ekor Dinosaurus? Studi Ungkap

Kompas.com - 29/12/2022, 10:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Sesekali, para ilmuwan melakukan penelitian untuk menguji beberapa hipotesis aneh. Salah satunya dalam studi baru ini, yakni tentang seberapa kuat kibasan ekor dinosaurus.

Tim ahli palentologi dan aerospace engineer menyimulasikan bagaimana saat ekor dinosaurus sauropoda bergerak.

Ini dilakukan untuk mengetahui apakah gerakan ekor sauropoda berleher panjang ini lebih cepat daripada kecepatan suara dan cukup cepat untuk menghasilkan retakan kecil.

Penelitian sebelumnya telah menemukan jika ekor mereka memiliki struktur seperti ekor banteng yang lebih panjang.

Jika itu benar dinosaurus herbivora ini mungkin menggunakan ekornya untuk mempertahankan diri dari pemangsa. Namun ahli paleontologi lagi tak begitu yakin dengan hal tersebut.