Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/12/2022, 08:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Awal Covid-19 merebak, kita tahu bahwa kehilangan penciuman menjadi salah satu gejala umum penyakit ini. Selama tiga tahun dunia menghadapi Covid-19, ternyata hilangnya penciuman juga dialami pasien long Covid dalam waktu yang cukup lama.

Kendati sudah sembuh, tetapi gejala-gejala Covid-19 masih dirasakan, seperti hidung tidak bisa mengenali bau.

Seperti dikutip dari Medical Xpress, Jumat (23/12/2022), sejumlah ilmuwan telah menemukan alasan utama mengapa hilangnya penciuman terjadi pada pasien long Covid.

Menurut mereka, alasannya adalah beberapa orang gagal memulihkan indera penciuman mereka setelah Covid-19 menyerang sistem kekebalan pada sel saraf penciuman.

Baca juga: Mengapa Kekebalan Anak terhadap Covid-19 Lebih Baik? Studi Jelaskan

Selain itu, tim yang dipimpin peneliti di Duke Health melaporkan alasan pasien long Covid mengalami hal itu juga disebabkan oleh penurunan jumlah sel saraf penciuman tersebut.

Temuan penyebab hilangnya penciuman pada pasien long Covid ini telah dipublikasikan di jurnal daring, Science Translational Medicine pada 21 Desember lalu.

Studi tersebut pun memberikan wawasan penting tentang masalah yang diidap jutaan orang yang belum sepenuhnya memulihkan indera penciuman setelah terinfeksi Covid-19.

Para peneliti juga mengatakan bahwa studi mereka juga menyoroti kemungkinan penyebab yang mendasari gejala long Covid, yang mungkin dipicu oleh mekanisme biologis serupa.

Kendati banyak orang yang dapat memulihkan indera penciuman setelah infeksi Covid-19 dalam satu hingga dua minggu, namun kehilangan penciuman pada sekelompok pasien yang mengalami long Covid juga perlu dipelajari lebih dalam.

Baca juga: Mengapa Pasien Covid-19 Tanpa Gejala dan Bergejala Ringan Tidak Perlu Rawat Inap di Rumah Sakit?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com