Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Kekebalan Anak terhadap Covid-19 Lebih Baik? Studi Jelaskan

Kompas.com - 13/09/2021, 07:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber Nature


KOMPAS.com - Kendati penularan varian Delta semakin mengancam kelompok rentan, dari orang tua hingga anak-anak, ternyata sistem kekebalan tubuh pada anak terhadap Covid-19 jauh lebih baik.

Awal tahun lalu, rumah sakit anak di seluruh New York, Amerika Serikat, harus berjibaku dalam melawan pandemi Covid-19 yang dahsyat.

Pasalnya, banyak rumah sakit anak di kota ini justru merawat orang-orang dewasa dengan Covid-19. Sementara itu, rumah sakit umum lainnya dipenuhi pasien Covid-19, tetapi bangsal anak relatif tampak sepi.

Seperti dilansir Nature, Senin (13/9/2021), data yang dikumpulkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dari rumah sakit di seluruh Amerika Serikat menunjukkan bahwa orang di bawah usia 18 tahun hanya menyumbang kurang dari 2 persen rawat inap karena Covid-19.

Adapun total pasien Covid-19 anak selama Maret 2020 hingga Agustus 2021, tercatat hanya 3.649 anak yang dirawat. Hanya beberapa anak yang menunjukkan sakit parah dan lebih dari 420 anak di Amerika Serikat meninggal karena Covid-19.

Namun, angka kematian Covid-19 di negara ini mayoritas adalah orang yang sakit parah, yakni orang dewasa. Tren ini juga tampak dilaporkan di sejumlah negara di dunia.

Baca juga: Peneliti Ungkap Alasan Sistem Kekebalan Anak Lebih Kuat Melawan Virus Corona

 

Kendati demikian, fenomena yang menunjukkan sistem kekebalan anak terhadap Covid-19 yang lebih baik ini tidak sepenuhnya mengejutkan bagi para ahli imunologi.

Orang dewasa dengan infeksi virus lain telah memiliki keuntungan pengalaman, yang mana mungkin mereka telah terinfeksi atau telah divaksinasi sebelumnya. Sehingga, sistem kekebalan tubuh mereka telah terlatih menghadapi patogen yang tampak serupa.

Virus SARS-CoV-2 adalah jenis penyakit baru dan mulai menyamakan kedudukan dengan patogen lain.

Namun, dalam menghadapi penyakit ini, anak-anak secara alami dinilai jauh lebih baik dalam mengendalikan infeksi virus.

"Kami selalu menganggap anak-anak sebagai pabrik kuman. Namun, itu bukan karena sistem kekebalan mereka tidak efektif, mereka hanya tidak berpengalaman," kata Dusan Bogunovic, ahli imunologi dan genetika di Icahn School of Medicine, Mount Sinai, New York City.

Lantas, mengapa sistem kekebalan anak terhadap Covid-19 diklaim lebih baik?

Penelitian mulai mengungkapkan bahwa alasan anak-anak bernasib baik melawan Covid-19 dapat terletak pada respons imun atau sistem kekebalan bawaan, yakni reaksi tubuh yang cepat terhadap patogen.

Baca juga: Cara Menjaga Sistem Kekebalan Anak Selama Pandemi Covid-19

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com