Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana agar Resolusi Tahun Baru Bisa Tercapai Menurut Sains?

Kompas.com - 19/12/2022, 08:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

Sumber CNBC

KOMPAS.com - Saat tahun baru tiba, biasanya orang akan membuat resolusi sebagai bentuk rencana perbaikan diri di tahun sebelumnya.

Namun, tak banyak rupanya yang bisa konsisten untuk mencapai resolusi tahun baru itu.

Bahkan, sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal PLOS ONE mengungkapkan sekitar setengah dari orang di Amerika Serikat yang membuat resolusi tahun baru dan 25 persen dari mereka tak mengerjakan resolusi dalam minggu pertama Januari.

Baca juga: Sejarah Resolusi Tahun Baru, dari Mana Asalnya?

Jadi bagaimana cara agar seseorang bisa berkomitmen dengan resolusi yang sudah dibuatnya. Berikut cara agar resolusi tahun baru tercapai menurut sains, seperti dikutip dari CNBC.

  • Membuat tujuan yang spesifik dan bagaimana mencapainya

Donald Edmondson, profesor di Colombia University dan peneliti utama ilmu Perubahan Perilaku di National Health Institute menyebutkan agar berhasil mengubah perilaku, seperti misalnya rajin berolahraga atau membaca, langkah pertamanya adalah menetapkan niat.

Tetapi tak cukup hanya di situ saja. seseorang perlu spesifik dan punya rencana.

"Anda perlu menetapkan tujuan yang terperinci, terukur, dan terencana dengan jelas," kata Edmondson.

Memiliki rencana juga akan membuat seseorang tak mudah menunda atau lupa menyelesaikan tugas yang sulit. Jadi tetapkan niat terlebih dahulu lalu tentukan langkah untuk mewujudkannya.

  • Jangan bagikan resolusi tahun baru di media sosial

Penelitian menunjukkan membagikan resolusi di media sosial dapat merugikan dalam jangka panjang. Profesor psikologi Gabriele Oettingen mengungkapkan mengekspresikan tujuan kepada orang lain dapat membuat seseorang merasa telah melakukan upaya untuk mencapainya.

Baca juga: Kenapa Resolusi Dibuat pada Awal Tahun Baru?

Namun meminta teman dan keluarga untuk membantu tetap berada dalam jalur menjalankan resolusi menjadi cara yang sangat ampuh untuk mendukung mencapai resolusi.

  • Memiliki rencana cadangan

Penelitian menunjukkan bahwa untuk berhasil mencapai tujuan, seseorang harus memprediksi hambatan potensial yang mungkin menghalangi dan menyusun rencana untuk mengatasinya.

Misalnya kalau resolusi adalah pergi ke kelas yoga beberapa kali dalam seminggu namun memiliki kecenderungan ketiduran. Maka miliki rencana cadangan misalnya olahraga di rumah melalui aplikasi.

Baca juga: Mengapa Saat Tahun Baru Imlek Selalu Hujan? Ini Penjelasan Pakar

  • Percaya pada diri sendiri

Penelitian juga menunjukkan bahwa keyakinan diri bahwa dapat berubah penting saat seseorang membuat tujuan karena tekad akan menjadi lebih kuat. Itu mengapa penting untuk percaya pada diri sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com