Kompas.com - 28/11/2022, 08:05 WIB

KOMPAS.com - Batuan luar angkasa yang jatuh di depan rumah sebuah rumah keluarga di Inggris pada Februari 2021 lalu, telah membantu memecahkan misteri dari masa air Bumi berasal.

Meteorit kuno berusia 4,6 miliar tahun ini, ternyata mengandung air yang sangat mirip dengan komposisi kimiawi air yang ditemukan di Bumi.

Hal tersebut memberikan penjelasan yang mungkin, tentang bagaimana planet kita memperoleh air yang menjadi pendukung kehidupan Bumi.

Baca juga: Studi Sebut Benua Tercipta dari Meteorit Raksasa yang Tabrak Bumi

Mengutip Live Science, Minggu (27/11/2022) ketika planet-palnet berbatu di Tata Surya muda pertama kali bergabung, mereka terlalu dekat dengan Matahari untuk membentuk lautan. Ini membuat Bumi muda tak jauh beda dengan Mars saat ini, tandus dan tak ramah.

Peneliti berpikir, kondisi itu kemudian berubah setelah Bumi mendingin dan itu terjadi ketika rentetan asteroid es dari luar Tata Surya membawa air beku ke Bumi dan mencair setelahnya.

Dan sekarang, analisis batu meteorit yang ditemukan di Winchcombe, Inggris, telah mendukung teori ini.

Luke Daly, rekan penulis studi dari University of Glasgow mengatakan, analisis pada meteorit Winchcombe ini memberikan wawasan tentang bagaimana Bumi bisa memiliki air, sumber dari begitu banyak kehidupan.

"Para peneliti akan terus mengerjakan spesimen ini selama bertahun-tahun yang akan datang, membuka lebih banyak rahasia tentang asal-usul tata surya kita," ungkapnya.

Untuk menganalisis mineral dan elemen di dalam batu, peneliti memoles, memanaskan, dan memberi paparan dengan sinar-X dan laser. Hasilnya peneliti mengungkapkan, bahwa meteorit berasal dari asteroid yang mengorbit di sekitar Jupiter dan 11 persen massa meteorit itu adalah air.

Hidrogen dalam air asteroid terdiri dalam dua bentuk, hidrogen normal dan isotop hidrogen yang dikenal sebagai deuterium, yang membentuk "air berat".