Ahli Temukan Asal Air di Mars, Berasal dari Manakah?

Kompas.com - 17/11/2022, 20:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Hingga saat ini para ahli masih berusaha menemukan bukti keberadaan air di planet merah dan asal-usul air di Mars.

Kini dalam sebuah studi peneliti menunjukkan bahwa air di Planet Merah ini bisa saja berasal dari metorit yang membombardir Mars di masa-masa awal Tata Surya bagian dalam.

Tumbukan meteorit itu menurut peneliti pada akhirnya membawa cukup air untuk menciptakan lautan sedalam 300 meter di planet tersebut.

Temuan asal air di Mars ini, seperti dikutip dari New Scientist, Kamis (17/11/2022) berdasarkan analisis konsentrasi isotop kromium langka yang dikenal sebagai kromium-54.

Martin Bizzaro dari University of Copenhagen di Denmark bersama rekan-rekannya menganalisis isotop itu yang ditemukan dalam sampel meteorit dari Mars yang jatuh ke Bumi dan memperkirakan berapa banyak air yang disimpan di Planet Merah.

Menurut peneliti lapisan paling atas Mars mengandung tanda kimia meteorit berkarbon atau tipe-C. Meteorit itu membombardir planet saat keraknya mengeras sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu.

Berhubung Mars tidak terdiri dari lempeng tektonik besar yang bergerak, tanda kimiawi dari meteorit ini bertahan di bebatuan kerak planet. Akan tetapi, bebatuan dari mantel di bawah seharusnya masih menunjukkan seperti apa Mars sebelum bombardir meteorit terjadi.