Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/11/2022, 13:29 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Buah peach atau persik tidak mengandung nutrisi dalam jumlah yang signifikan.

Namun, buah peach mengandung vitamin C serta berkontribusi pada pemenuhan asupan harian untuk potasium, serat, dan zat besi.

Jumlah vitamin C dalam buah peach setara dengan 12,33 persen dari kebutuhan harian untuk pria dewasa dan 14,80 persen dari kebutuhan harian untuk wanita dewasa.

Meskipun profil nutrisinya relatif rendah, buah peach masih memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan sebagai bagian dari pola makan seimbang yang mencakup banyak buah dan sayuran. 

Baca juga: Bolehkah Penderita Diabetes Makan Buah Peach?

Kandungan serat dalam buah peach

Secangkir buah persik mengandung 2,52 g serat. Sementara itu, wanita dewasa disarankan untuk mengonsumsi 22,4–28,0 g serat per hari dan 30,8–33,6 g serat setiap hari untuk pria dewasa.

Artinya, ukuran porsi tersebut dapat memberikan setidaknya 7,5 persen dari asupan serat harian.

Dilansir dari Medical News Today, makanan kaya serat memberikan berbagai manfaat kesehatan yang penting.

Pasalnya, serat dapat melindungi kesehatan usus besar, mendukung manajemen berat badan dalam jangka panjang, dan mengurangi risiko beberapa kondisi kesehatan yang berbahaya.

Kondisi kesehatan ini termasuk penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, serta beberapa jenis kanker, termasuk kanker kolorektal dan kanker paru-paru.

Baca juga: Kandungan Buah Peach yang Menyehatkan

Seseorang dapat secara signifikan meningkatkan asupan seratnya dengan mengganti makanan manis dan rendah serat dengan satu atau dua buah persik setiap hari.

Ketika konsumsi makanan nabati meningkat, risiko penyakit yang berhubungan dengan gaya hidup, termasuk obesitas, diabetes, dan penyakit jantung dapat dikurangi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com