Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikira Tak Bersuara, Ahli Sebut Kura-kura Lakukan Komunikasi Vokal

Kompas.com - 26/10/2022, 17:01 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Komunikasi vokal umum ditemukan pada dunia hewan. Meski begitu beberapa hewan seperti kura-kura menjadi salah satu hewan yang dianggap tak memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan cara tersebut, bahkan kura-kura sering tak bersuara.

Akan tetapi, sebuah studi baru menunjukkan lebih dari 50 spesies hewan yang sebelumnya dianggap tidak melakukan komunikasi dengan vokalisasi, sebenarnya justru melakukannya.

Dikutip dari Phys, Rabu (26/10/2022), ahli biologi evolusi Gabriel Jorgewich-Cohen yang juga penulis utama studi ini mengatakan bahwa ia pertama kali memiliki ide untuk merekam spesies yang tampaknya tak bersuara saat meneliti kura-kura di hutan hujan Amazon Brasil.

"Ketika kembali ke rumah, saya memutuskan untuk mulai merekam hewan peliharaan saya sendiri, termasuk kura-kura yang ia miliki sejak kecil," kata Jorgewich-Cohen.

Baca juga: Mengenal Kura-kura, Reptil yang Bisa Hidup Ratusan Tahun

Di luar dugaan ia menemukan bahwa kura-kura peliharaannya itu membuat suara vokal. Jadi Jorgewich-Cohen mulai merekam spesies kura-kura lain, terkadang menggunakan hidrofon, mikrofon untuk merekam di bawah air.

"Setiap spesies yang saya rekam menghasilkan suara. Kemudian saya mulai memepertanyakan berapa banyak lagi hewan yang biasanya dianggap tak bersuara tetapi ternyata justru memiliki kemampuan vokal," ungkap Jorgewich-Cohen yang juga peneliti dari Zurich University di Swiss.

Hasilnya ia menemukan 50 spesies kura-kura yang berkomuniasi dengan vokal mereka. Selain itu juga penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nature Communications juga memasukkan 3 daftar hewan yang dianggap tak bersuara.

Tiga hewan yang selama ini dikira tak bersuara seperti kura-kura ini, di antaranya termasuk jenis hewan lungfish yang memiliki insang serta paru-paru dan memungkinkannya bertahan hidup di darat.

Baca juga: Kura-kura Raksasa Ini Dikira Punah 100 Tahun Lalu, Peneliti Temukan Masih Hidup

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com