Kompas.com - 30/09/2022, 21:00 WIB
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com - Bulan tampak bersinar karena memantulkan cahaya dari Matahari karena Bulan sebenarnya tidak menghasilkan cahayanya sendiri. 

Bahkan, Bulan tidak memantulkan banyak cahaya untuk bersinar, hanya 3 hingga 12 persen dari sinar matahari yang mengenainya.

Warna Bulan, seperti yang terlihat dari Bumi, bisa sangat bervariasi, mulai dari merah, putih, atau kuning. 

Dilansir dari ZME Science, perbedaan warna ini disebabkan oleh fenomena optik di atmosfer Bumi. 

Dengan kata lain, warna yang terlihat dari Bumi hanya warna yang tampak, sedangkan warna sebenarnya tidak bergantung pada gangguan optik.

Baca juga: Kenapa Bulan Bercahaya?

Apa warna bulan?

Dilansir dari NASA, warna Bulan bergantung pada kondisi di malam hari. 

Di luar atmosfer Bumi, Bulan yang gelap, yang bersinar oleh pantulan sinar matahari, tampak berwarna abu-abu kecoklatan yang indah.

Dilihat dari dalam atmosfer Bumi, Bulan dapat terlihat sangat berbeda. 

Bulan yang berwarna merah atau kuning biasanya menunjukkan bulan yang terlihat di dekat cakrawala. 

Di sana, sebagian cahaya biru telah tersebar melalui jalur panjang melalui atmosfer Bumi, yang terkadang sarat dengan debu halus.

Baca juga: Apa Saja Ciri-ciri Bulan?

Kemudian, Bulan berwarna biru lebih jarang terlihat dan dapat menunjukkan bahwa Bulan terlihat melalui atmosfer yang membawa partikel debu yang lebih besar. 

Bulan juga bisa tampak berwarna ungu. Apa yang menyebabkan Bulan berwarna ungu masih tidak jelas. Ini mungkin kombinasi dari beberapa efek. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.