Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Bulan Kadang Terlihat Dekat, Kadang Terlihat Jauh?

Kompas.com - 21/09/2022, 17:00 WIB
The Conversation,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

Oleh: Silas Laycock

PADA malam-malam tertentu, Bulan tampak sangat dekat dan lebih besar dari biasanya.

Suatu malam musim panas ketika saya masih kecil, saya ingat saya menjadi bingung dan kemudian terkejut melihat bentuk bulat besar perlahan-lahan merayap di belakang rumah teman saya Nancy, yang berada di bukit di sisi lain desa kami.

Pada titik tertentu, saya tiba-tiba menyadari bahwa itu adalah Bulan, dan saya berlari sambil berteriak di taman untuk memberi tahu Ayah saya dan memintanya untuk datang dan melihat.

Benda itu lebih besar dari sebuah rumah, berwarna oranye tua dan tentu saja sangat penting. Ayah saya menggumamkan sesuatu tentang perspektif dan kembali berkebun atau bermain piano.

Merasa tidak yakin, saya terus mengamati Bulan. Kemudian, begitu Bulan telah naik lebih tinggi di langit, ia kembali terlihat seperti biasanya.

Baca juga: Planet Apa yang Memiliki Bulan Terbanyak di Tata Surya?

Tidak yakin, saya terus mengamati Bulan. Kemudian, begitu Bulan telah naik lebih tinggi di langit, ia kembali terlihat seperti biasanya.

Sulit dipercaya bahwa itu hanya ilusi ketika Bulan terlihat besar, tetapi itu benar. Kamu benar-benar dapat menguji ilusi itu sendiri dan bahkan menangkapnya dengan kamera.

Sebuah trik pikiran

Para astronom telah membahas ilusi Bulan selama berabad-abad, dan ada beberapa fakta yang mereka semua sepakati.

Orang-orang terutama memperhatikan Bulan tampak lebih besar dan lebih dekat saat purnama dan dekat cakrawala. Ini karena pikiranmu menilai seberapa besar atau kecil suatu objek seperti Bulan dengan membandingkannya dengan benda lain yang sudah dikenal.

Bayangkan dirimu sedang berdiri di luar dekat rumahmu. Rumah kamu akan terlihat besar, dan jika Bulan terbit di sebelahnya, Bulan akan terlihat normal. Jika kamu melihat sebuah rumah dari jauh, rumah itu terlihat sangat kecil.

Ilusi datang dari kenyataan bahwa Bulan begitu jauh sehingga di mana pun kamu berada di Bumi, Bulan selalu terlihat berukuran sama.

Baca juga: Jenis-jenis Gerhana Bulan

Sebenarnya hal-hal yang pikiran kamu bandingkan dengan Bulan – rumah, gunung, atau apa pun – yang terlihat lebih besar atau lebih kecil tergantung pada seberapa jauh kamu dari mereka. Jadi ketika Bulan terbit di sebelah rumah yang jauh atau gunung yang jauh, Bulan terlihat sangat besar.

Dua lingkaran oranye di tengah lingkaran abu-abu berukuran sama, tetapi terlihat berbeda karena perbedaan ukuran lingkaran yang mengelilinginya.Phrood/Wikimedia Commons Dua lingkaran oranye di tengah lingkaran abu-abu berukuran sama, tetapi terlihat berbeda karena perbedaan ukuran lingkaran yang mengelilinginya.

Fotografer menggunakan trik ini untuk mengambil gambar spektakuler dari objek jauh dengan Bulan di belakangnya. Orang sering mengalami ilusi Bulan saat berlibur ketika mereka pergi ke ruang terbuka lebar. Ini mungkin mengapa Bulan besar menjadi kenangan kuat pada saat-saat bahagia.

Atmosfer dengan efek pembesar dan perubahan orbit

Ada beberapa penjelasan yang terdengar meyakinkan tetapi salah untuk ilusi Bulan. Sebagian besar yang benar bertahan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com