Kompas.com - 30/09/2022, 19:30 WIB

KOMPAS.com - Dunia kini memiliki satu spesies kungkang baru. Hal tersebut terungkap setelah peneliti mengidentifikasi kungkang spesies baru di Hutan Atlantik Brasil.

Kungkang berjari tiga secara konvensional dianggap terbagi menjadi empat spesies, salah satunya adalah kungkang surai (Bradypus torquatus).

Namun dalam studi ini, baru terungkap bahwa kungkang surai ternyata terdiri dari dua spesies. Spesies baru lantas diberi nama Bradypus crinitus.

Baca juga: Kenapa Gerak Kungkang Sangat Lambat?

Ada ciri menarik dari penampakan hewan tersebut, kungkang itu memiliki bulu kasar berwarna cokelat, sehingga membuat kepalanya menyerupai kelapa yang dikupas.

"Penelitian terbaru menunjukkan, ternyata di wilayah kecil Hutan Atlantik Brasil, kungkang surai yang sebelumnya dianggap satu spesies, ternyata terdiri dari dua spesies. Kungkang yang ditemukan di wilayah selatan secara genetik berbeda dengan kungkang lain yang hidup di bagian utara," tulis peneliti dalam studi mereka.

Mengutip IFL Science, Jumat (30/9/2022) dalam studi ini, peneliti melakukan analisis morfologi dari 24 kungkang.

Beberapa di antaranya berasal dari negara bagian utara Bahia dan Sergipe, sementara sisanya dari Rio de Janeiro dan Espirito Santo di selatan.

Peneliti menemukan, kungkang di bagian selatan memiliki tengkorak yang lebih datar, rahang lebih bulat, dan tulang pipi yang lebih lebar.

Analisis genetik dari 55 kungkang kemudian mengungkapkan adanya perbedaan genetik yang substansial antara kelompok selatan dan utara.

Peneliti mengidentifikasi 86 langkah mutasi yang memisahkan populasi tersebut dan menghitung bahwa perbedaan itu terjadi sekitar 4,24 juta tahun yang lalu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.