Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/09/2022, 10:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Daun kelor adalah salah satu tanaman yang disebut sebagai superfood. Bernama latin Moringa oleifera, daun kelor ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Apa itu daun kelor?

Daun kelor adalah jenis tanaman yang memiliki banyak sebutan. Terkadang disebut pohon lobak (horseradish tree), pohon gugur kecil dalam keluarga Moringaceae.

Menurut Britannica, Moringa oleifera atau pohon kelor ini diketahui merupakan spesies tumbuhan tropis Asia, tetapi dinaturalisasi di banyak negara tropis di Afrika dan Amerika, dikutip Selasa (20/9/2022).

Seluruh bagian tanaman kelor dapat dimanfaatkan. Selain daun kelor, bagian lain dari tanaman ini seperti bunga, polong, bahkan rantingnya dapat dimasak dan dimakan.

Ciri-ciri pohon kelor

Pohon kelor dapat tumbuh sangat tinggi dengan ketinggian yang bisa mencapai 9 meter. Pohon Moringa oleifera ini juga memiliki kulit kayu berwarna abu-abu, dengan bentuk daun kelor yang berbentuk majemuk dua atau tripinnate, serta memiliki selebaran daun yang berbentuk oval.

Tanaman kelor juga memiliki wewangian bunga seperti kacang putih dengan lima benang sari (bagian jantan) dipegang di satu sisi. Buah kelor bersudut seperti belati terkadang tumbuh hingga panjang 45 cm dan akan pecah secara eksplosif.

Baca juga: Segudang Manfaat Daun Kelor Berdasarkan Sains, Apa Saja?

Manfaat daun kelor dan bagian tanaman ini

Daun kelor atau tanaman Moringa oleifera adalah tanaman asli India utara yang juga dapat tumbuh di daerah tropis, seperti di negara-negara tropis Asia dan Afrika.

Selama berabad-abad, dikutip dari WebMD, manfaat kelor telah digunakan ke dalam berbagai pengobatan tradisional. Tidak hanya daun, tetapi juga buah, bunga, biji dan akar tanaman kelor.

Dalam pengobatan tradisional, manfaat daun kelor atau bagian tanaman kelor lainnya telah digunakan untuk mengobati penyakit-penyakit berikut.

  1. Diabetes
  2. Peradangan
  3. Infeksi bakteri, virus dan jamur
  4. Nyeri sendi
  5. Mengobati berbagai masalah kesehatan jantung
  6. Kanker

Daun kelor muda diyakini sangat bergizi, sehingga seringkali dikonsumsi mentah. Sebab, daun kelor muda mengandung zat besi, potasium, dan vitamin C.

Manfaat daun kelor atau seluruh bagian tanaman Moringa oleifera ini juga digunakan dalam pembuatan kosmetik hingga parfum.

Baca juga: Dijuluki Superfood, Ini Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com