Kompas.com - 20/09/2022, 07:02 WIB


KOMPAS.com - Rasa gatal pada kulit, misal digigit serangga, mungkin keluhan biasa yang bisa diatasi dengan obat anti serangga. Namun, bagaimana jika kulit gatal itu disebabkan oleh pruritus?

Gatal akibat penyakit kulit, mungkin akan sangat terasa tidak nyaman dan membuat Anda merasa ingin terus menggaruk. Akan tetapi, berbeda jika rasa gatal itu disebabkan oleh pruritus. 

Apa itu pruritus?

Pruritus adalah sensasi gatal yang menyebalkan dan menyebabkan rasa ingin menggaruk terus-menerus.

Namun, prutitus bukanlah jenis penyakit kulit, karena penyebabnya dapat diakibatkan oleh berbagai faktor kesehatan atau penyakit tertentu. Sensasi kulit gatal ini seringkali disebabkan oleh kulit kering.

Baca juga: Jemaah Haji Rentan Alami Penyakit Kulit, Begini Cara Mencegahnya

Menurut Mayoclinic, umumnya, pruritus yang menyebabkan sensasi kulit gatal ini terjadi pada orang dewasa yang lebih tua.

 

Sebab, kulit orang dewasa tua cenderung lebih kering seiring bertambahnya usia, dikutip Selasa (20/9/2022).

Penyebab kulit gatal karena pruritus tergantung pada kondisi orang yang mengalaminya. Mungkin kulit Anda tampak normal, atau muncul ruam merah, kasar atau bergelombang.

Namun demikian, mengatasi rasa gatal dengan menggaruk kulit secara berulang di area tersebut dapat membuat kulit yang tebal terangkat yang kemudian dapat menyebabkan kulit berdarah atau terinfeksi.

Lantas, apa saja gejala pruritus penyebab kulit gatal pada orang dewasa yang perlu diwaspadai?

Baca juga: Cuaca Panas Sebabkan Rasa Gatal pada Kulit, Kok Bisa?

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.