Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/09/2022, 10:33 WIB
The Conversation,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

Bisakah manusia bernafas di Mars? - Jack J., umur 7, Alexandria, Virginia, Amerika Serikat

Oleh: Phylindia Gant dan Amy J. Williams

MISALKAN kamu adalah seorang astronot yang baru saja mendarat di planet Mars. Apa yang kamu butuhkan untuk bisa bertahan hidup?

Inilah daftar singkatnya: Air, makanan, tempat tinggal – dan oksigen.

Oksigen adalah udara yang kita hirup di Bumi. Tanaman dan beberapa jenis bakteria menghasilkan oksigen bagi kita.

Tapi oksigen bukan satu-satunya gas di atmosfer bumi. Itu bahkan bukan yang paling melimpah. Faktanya, hanya 21% dari udara kita yang terdiri dari oksigen. Hampir semua sisanya adalah nitrogen – sekitar 78%.

Kamu mungkin kemudian bertanya-tanya: Jika ada lebih banyak nitrogen di udara, mengapa kita menghirup oksigen?

Begini cara kerjanya: Secara teknis, saat kamu menarik napas, kamu menyerap semua yang ada di atmosfer. Tetapi tubuh kamu hanya menggunakan oksigen; yang kamu buang sisanya saat menghembuskan napas.

Baca juga: Astronot China Menanam Padi di Luar Angkasa, Bagaimana Hasilnya?

Udara di Mars

Atmosfer Mars tipis - volumenya hanya 1% dari atmosfer Bumi. Dengan kata lain, ada 99% lebih sedikit udara di Mars daripada di Bumi.

Itu sebagian karena Mars sekitar setengah ukuran Bumi. Gravitasinya tidak cukup kuat untuk mencegah gas atmosfer keluar ke luar angkasa.

Dan gas yang paling melimpah di udara tipis itu adalah karbon dioksida. Bagi orang-orang di Bumi, itu adalah gas beracun dengan konsentrasi tinggi. Untungnya, kandungan karbon dioksida kurang dari 1% di atmosfer kita. Tapi di Mars, kandungannya mencapai 96% di udara!

Sementara itu, di Mars hampir tidak ada oksigen sama sekali. Hanya 1/10 persen udara yang hampir tidak cukup untuk manusia bisa bertahan hidup.

Jika kamu mencoba bernapas di permukaan Mars tanpa peralatan lengkap yang memasok oksigen – itu adalah ide yang buruk – kamu akan mati dalam sekejap. Kamu akan mati lemas, dan karena tekanan atmosfer yang rendah, darahmu akan mendidih , keduanya terjadi pada waktu yang hampir bersamaan.

Hidup tanpa oksigen

Sejauh ini, para peneliti belum menemukan bukti kehidupan di Mars. Tapi pencarian baru saja dimulai; robot penjelajah kami belum menemukan apa-apa.

Tidak usah ditanyakan lagi, Mars memiliki lingkungan yang ekstrem. Dan itu bukan hanya udara. Sangat sedikit air di permukaan Mars. Suhunya sangat dingin – pada malam hari, suhunya lebih dari -100 derajat Fahrenheit (-73 derajat Celcius).

Tetapi banyak organisme di Bumi bertahan hidup di lingkungan ekstrem. Kehidupan telah ditemukan di es Antartika, di dasar lautan dan bermil-mil di bawah permukaan bumi. Banyak dari tempat-tempat itu memiliki suhu yang sangat panas atau dingin, hampir tidak ada air dan sedikit atau bahkan tidak ada oksigen.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com