Kompas.com - 12/09/2022, 09:05 WIB

KOMPAS.com - Sekitar 15 juta tahun yang lalu di perairan hangat yang sekarang menjadi wilayah Maryland Selatan, Amerika Serikat, tiba-tiba laut bergejolak dengan hebat.

Riak permukaan laut itu rupanya terjadi karena hiu megalodon (Otodus megalodon) seukuran bangunan lima lantai sedang menyerang seekor paus.

Namun paus itu rupanya tak menyerah, meski sudah terjepit dengan gigi megalodon. Saat berusaha untuk melepaskan diri, serangan menyebabkan punggung paus bengkok dan mengalami fraktur kompresi yang hebat.

Baca juga: Studi Ungkap Megalodon Mampu Menelan Utuh Paus Berukuran 8 Meter

Gambaran di atas merupakan skenario yang dibuat oleh para ilmuwan setelah memeriksa dua tulang paus yang retak dan satu gigi megalodon.

Fosil tersebut, seperti dikutip dari Live Science, Minggu (11/9/2022) ditemukan berdekatan di Tebing Calvert Maryland, sebuah situs yang berasal dari zaman Miosen (23 juta hingga 5,3 juta tahun yang lalu).

Para peneliti menggambarkan cedera paus dan apa yang mungkin menyebabkannya itu dalam sebuah studi baru, yang dipublikasikan daring 25 Agustus di jurnal Palaeontologia Electronica.

Sisa-sisa dari apa yang kemungkinan merupakan paus sepanjang 4 meter dan hidup sekitar 15 juta tahun yang lalu tersebut, awalnya ditemukan oleh Mike Ellwood, seorang sukarelawan dan kolektor fosil Calvert Marine Museum.

Namun dari spesimen itu, peneliti tak bisa menentukan apakah spesimen adalah paus bergigi, paus balik, atau bahkan lumba-lumba besar.

"Fosil dengan cedera seperti yang kita temukan di Tebing Calvert ini sangat jarang. Cederanya sangat parah, sangat jelas akibat trauma serius, sehingga saya ingin mengetahui latar belakangnya," ungkap Stephen J. Godfrey, kurator paleontologi di Calvert Marine Museum di Maryland dan penulis utama studi.

Untuk mengetahuinya, Godfrey kemudian melakukan pemindaian tulang belakang yang rusak.