Kompas.com - 12/09/2022, 09:05 WIB

KOMPAS.com - Sekitar 15 juta tahun yang lalu di perairan hangat yang sekarang menjadi wilayah Maryland Selatan, Amerika Serikat, tiba-tiba laut bergejolak dengan hebat.

Riak permukaan laut itu rupanya terjadi karena hiu megalodon (Otodus megalodon) seukuran bangunan lima lantai sedang menyerang seekor paus.

Namun paus itu rupanya tak menyerah, meski sudah terjepit dengan gigi megalodon. Saat berusaha untuk melepaskan diri, serangan menyebabkan punggung paus bengkok dan mengalami fraktur kompresi yang hebat.

Baca juga: Studi Ungkap Megalodon Mampu Menelan Utuh Paus Berukuran 8 Meter

Gambaran di atas merupakan skenario yang dibuat oleh para ilmuwan setelah memeriksa dua tulang paus yang retak dan satu gigi megalodon.

Fosil tersebut, seperti dikutip dari Live Science, Minggu (11/9/2022) ditemukan berdekatan di Tebing Calvert Maryland, sebuah situs yang berasal dari zaman Miosen (23 juta hingga 5,3 juta tahun yang lalu).

Para peneliti menggambarkan cedera paus dan apa yang mungkin menyebabkannya itu dalam sebuah studi baru, yang dipublikasikan daring 25 Agustus di jurnal Palaeontologia Electronica.

Sisa-sisa dari apa yang kemungkinan merupakan paus sepanjang 4 meter dan hidup sekitar 15 juta tahun yang lalu tersebut, awalnya ditemukan oleh Mike Ellwood, seorang sukarelawan dan kolektor fosil Calvert Marine Museum.

Namun dari spesimen itu, peneliti tak bisa menentukan apakah spesimen adalah paus bergigi, paus balik, atau bahkan lumba-lumba besar.

"Fosil dengan cedera seperti yang kita temukan di Tebing Calvert ini sangat jarang. Cederanya sangat parah, sangat jelas akibat trauma serius, sehingga saya ingin mengetahui latar belakangnya," ungkap Stephen J. Godfrey, kurator paleontologi di Calvert Marine Museum di Maryland dan penulis utama studi.

Untuk mengetahuinya, Godfrey kemudian melakukan pemindaian tulang belakang yang rusak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.