Kompas.com - 11/09/2022, 17:03 WIB

KOMPAS.com - Stroke adalah keadaan darurat medis, yang terjadi ketika adanya pembekuan darah dan menyebabkan aliran darah ke otak terputus (stroke iskemik) atau karena adanya pendarahan di otak (stroke hemoragik).

Sakit kepala karena stroke

Ada kalanya stroke berkaitan dengan sakit kepala. Antara 7% hingga 65% orang yang mengalami stroke melaporkan, bahwa mereka mengalami sakit kepala sebelumnya.

Melansir Verywell Health, biasanya orang menggambarkan sakit kepala karena stroke sebagai sakit kepala terburuk yang pernah mereka alami.

Atau ada juga yang menggambarkannya seperti tersambar petir, karena terasa sangat parah dan muncul dalam hitungan detik atau menit.

Rasa sakit kepala karena stroke umumnya tidak berdenyut atau berkembang secara bertahap seperti migrain. Sebaliknya, sakit kepala karena stroke terasa sangat sakit, datang tiba-tiba, dan sangat intens.

Baca juga: Penyebab Stroke yang Tak Boleh Diabaikan

Lokasi sakit kepala karena stroke

Lokasi sakit kepala berbeda, kemungkinan bergantung pada tempat terjadinya stroke.

Misalnya, stroke yang muncul di dalam arteri karotis (arteri utama di leher yang membawa darah ke otak) terkadang menyebabkan sakit kepala di dahi.

Di sisi lain, stroke pada sistem vertebrobasilar, yang memasok darah ke bagian belakang otak, dapat menyebabkan sakit kepala di bagian belakang kepala.

Gejala stroke

Sakit kepala karena stroke biasanya muncul dengan gejala stroke lainnya, seperti:

- Kelemahan pada satu sisi tubuh
- Mati rasa di satu sisi tubuh
- Pusing (vertigo) atau kehilangan keseimbangan
- Bicara cadel
- Ketidakmampuan untuk menulis atau mengatur gerakan tangan
- Kesulitan memahami orang lain
- Penglihatan ganda atau penglihatan kabur

Baca juga: 5 Cara Mencegah Stroke yang Terbukti Efektif

Segeralah mencari bantuan medis jika mengalami sakit kepala parah dan gejala sakit kepala yang tidak biasa karena bisa jadi merupakan tanda kondisi kesehatan tertentu.SHUTTERSTOCK Segeralah mencari bantuan medis jika mengalami sakit kepala parah dan gejala sakit kepala yang tidak biasa karena bisa jadi merupakan tanda kondisi kesehatan tertentu.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.