Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hiu Megalodon di Puncak Rantai Makanan Juga Memangsa Predator Lain

Kompas.com - 24/06/2022, 12:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Sebuah studi mengungkap hiu megatooth, termasuk megalodon memiliki posisi puncak dalam rantai makanan di laut.

Dengan posisi tersebut megalodon dan hiu megatooth lainnya pun mampu memangsa pula predator lain dan bahkan saling memakan satu sama lain.

"Sangat mungkin hiu megatooth berada pada tingkat trofik (posisi yang ditempati hewan dalam jaring makanan) yang lebih tinggi daripada predator laut lainnya," kata Zixuan Rao dari Universitas Princeton, seperti dikutip dari New Scientist, Kamis (23/6/2022).

Kesimpulan tersebut didapat setelah Rao dan rekan-rekannya membuat analisis isotop nitrogen pada gigi hiu.

Ada dua isotop stabil alami nitrogen yaitu nitrogen-15 dan nitrogen-14, keduanya ditemukan dalam jaringan hewan.

Akan tetapi jaringan hewan umumnya lebih kaya akan nitrogen-15.

Baca juga: Seberapa Besar Gigi Hiu Megalodon?

Melalui kedua rasio nitrogen yang diambil dari analisis fosil gigi hiu megalodon tersebut peneliti dapat memperkirakan seberapa tinggi tingkatan hewan purba dalam jaring makanan.

Dalam studi ini, peneliti menganalisis rasio nitrogen dalam bahan gigi yang disebut enameloid yang diekstraksi dari lima spesies hiu megatooth yang telah punah.

Spesies ini memiliki ukuran mulai dari Otodus auriculatus sepanjang 3,5 meter hingga Otodus megalodon (atau yang dikenal banyak orang sebagai megalodon) sepanjang 15 meter.

Para peneliti juga mengukur rasio isotop nitrogen dalam sampel dari mamalia laut yang ada seperti lumba-lumba, anjing laut, walrus dan beruang kutub serta dari hiu modern, termasuk hiu putih besar.

Hasilnya adalah hiu megatooth, dalam hal unin hiu megalodon, memiliki rasio nitrogen paling tinggi, lebih tinggi daripada predator laut manapun yang masih hidup.

Baca juga: Di Mana Hiu Megalodon Hidup?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com