Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/09/2022, 21:02 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Labu siam mengandung nutrisi yang beragam, seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin C, vitamin B9, vitamin K, vitamin B6, dan mangan.

Di samping kepadatan nutrisinya labu siam juga rendah kalori, lemak, natrium, dan karbohidrat total sehingga sehat dan cocok untuk berbagai diet.

Sementara labu siam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, adakah efek samping makan labu siam?

Efek samping makan labu siam

Dikutip dari For Health Giving, secara umum, makan labu siam dalam jumlah yang wajar tidak menyebabkan efek samping bagi kesehatan.

Belum ada laporan terkait risiko atau efek samping yang merugikan dari mengonsumsi labu siam.

Baca juga: 5 Manfaat Labu Siam Menurut Sains

Namun, jika reaksi alergi (pusing, mual, gatal) muncul setelah memegang atau makan labu, cari bantuan medis sesegera mungkin.

Manfaat labu siam

Dilansir dari WebMD, berikut adalah beberapa manfaat labu siam.

1. Meningkatkan kesehatan hati

Labu siam mungkin mengandung senyawa yang melindungi dari penumpukan lemak di hati, yang dapat menyebabkan penyakit hati berlemak.

2. Menjaga kesehatan jantung

Labu siam kaya akan antioksidan, termasuk myricetin, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, mengurangi peradangan, dan melindungi dari radikal bebas untuk mengurangi risiko berkembangnya penyakit jantung.

3. Meningkatkan kontrol gula darah 

Labu siam relatif rendah karbohidrat dan relatif tinggi serat. Ini merupakan kombinasi nutrisi yang dapat membantu menjaga kadar gula darah yang sehat.

Baca juga: 6 Manfaat Labu Kuning, Mencegah Kanker hingga Cocok untuk Diet

4. Penuaan yang lebih sehat

Makan labu siam dapat mengurangi peradangan dan stres oksidatif yang signifikan. Dua proses tersebut memiliki efek berbahaya pada sel-sel tubuh. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com