Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ular Langka Florida Mati Tersedak Usai Makan Kelabang Raksasa

Kompas.com - 08/09/2022, 20:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Ular rim rock crown (Tantilla oolitica) adalah ular paling langka di Amerika Utara. Ular langka tersebut telah berada di daftar spesies terancam di Florida sejak tahun 1975.

Tapi sebuah kejadian mengejutkan terjadi baru-baru ini terjadi.

Ular yang belum pernah dilihat lagi oleh para ilmuwan di alam liar selama lebih dari empat tahun ini ditemukan di taman negara bagian John Pennekamp Coral Reef di Key Largo, Florida.

Sayangnya, ular langka ini ditemukan dalam kondisi mati.

Bukan hanya itu saja, penyebab kematian ular pun terbilang unik yakni tersedak kelabang raksasa. Kelabang itu bahkan masih bersarang di kerongkongannya.

Ukuran kelabang itu sekitar sepertiga ukuran pemangsanya. Jadi ada kemungkinan bahwa ular menyerah karena dosis racun kelabang yang mematikan.

Dikutip dari Live Science, Kamis (8/9/2022) ular rim rock crown ini termasuk ular tak berbisa. Ular memiliki kepala hitam dan tubuh cokelat merah muda yang dapat tumbuh sepanjang 15 hingga 28 Cm.

Baca juga: Ular King Cobra Berisiko Punah, Apa Penyebabnya?

Ular langka rim rock crown adalah spesies ular yang hanya bisa ditemukan di Florida Keys dan di sepanjang pantai Atlantik tenggara di negara bagian itu.

Ular rim rock crown masuk dalam daftar spesies terancam di negera bagian sejak 1975. Spesimen hidup terakhir terlihat pada tahun 2015. Sedangkan catatan terakhir, ular langka ini pernah ditemukan mati adalah pada tahun 2018.

"Ular rim rock crown tak pernh mudah ditemukan di Key Largo atau di tempat lain karena ular penggali kecil ini menghabiskan sebagian besar waktunya bersembunyi di bawah serasah daun atau di kantong tanah. Biasanya mereka hanya terlihat setelah hujan lebat yang memaksa mereka ke permukaan," ungkap Kevin Enge, penulis utama studi dan peneliti dari Florida Fish and Wildlife Conservation Commission.

Kejadian langka ular mati tersedak

Ketika pengunjung taman menemukan ular rim rock crown sepanjang 21 cm yang mati, mulut reptil itu menganga lebar dan ujung belakang raksasa Caribbean sepanjang 7,3 cm masih tersangkut.

Kejadian ular langka Florida mati tersedak ini adalah hal yang jarang atau langka terjadi. Penjaga taman kemudian menghubungi ilmuwan di Museum Sejarah Alam Florida (FMNH) yang kemudian membawa ular dan kelabang tersebut.

Baca juga: Ular Derik Gunakan Ilusi Pendengaran untuk Kelabuhi Manusia

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com