Kompas.com - 07/08/2022, 09:05 WIB

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan prakiraan daerah potensi banjir pada bulan Agustus 2022 ini.

Potensi banjir kategori menengah dan tinggi ini dapat terjadi di sejumlah wilayah Indonesia dengan skala bervariasi.

Masyarakat yang berada di sekitar wilayah yang diprediksi banjir, diminta untuk melakukan antisipasi dan lebih berhati-hati ke depannya.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan Saat Banjir?

Berikut daftar wilayah yang berpotensi mengalami banjir pada bulan Agustus 2022, dari Aceh hingga Papua.

1. Aceh

Meskipun tidak ada wilayah atau daerah yang berpotensi terjadi banjir dengan tingkat kategori tinggi, banyak daerah di Aceh yang berpotensi terjadi banjir dalam kategori menengah. Di antaranya yakni:

Aceh Barat Daya (Kecamatan Babahrot, Blang Pidie, Jeumpa, Kuala Batee, Lembah Sabil, Manggeng, Tangan-Tangan); Aceh Jaya (Kecamatan Krueng Sabee); Aceh Selatan (Kecamaan Kluet Tengah, Labuhan Haji, Labuhan Haji Barat, Meukek, Sawang); Aceh Singkul (Kecamatan Singkil, Singkil Utara).

Kabupaten Aceh Tamiang (Kecamatan Bandar Pusaka, Tamiang Hulu, Tenggulun); Aceh Timur (Kecamatan Simpang Jernih); Gayolues (Kecamatan Pining, Terangun); dan Pidie (Kecamatan Geumpang, Tangse).

2. Sumatera Utara

Untuk wilayah Sumatera Utara, banyak daerah yang memiliki potensi banjir tingkat menengah untuk bulan Agustus 2022 ini. Di antaranya sebagai berikut.

Kabupaten Asahan, Batubara, Kota Gunung Sitoli, Kota Tebing, Kabupaten Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Langkat, Nias, Mandailing Natal, Nias Barat, Nias Utara, Simalungun, Tapanuli Selatan dan Tapanuli Tengah.

3. Riau

Untuk di wilayah Provinsi Riau, daerah yang berpotensi mengalami banjir kategori menegah yaitu Kabupaten Bengkalis (Kecamatan Bukitbatu), Indragiri Hilir (Kecamatan Kateman, Mandah), dan Kabupaten SIak (Kecamatan Sungaimandau).

4. Kepulauan Riau

Kabupaten Bintan (Kecamatan Bintan Timur, Tambelan), Karimun (Kecamatan Kualakampar), Kota Batam (Kecamatan Kualakampar), Kota Tanjung Pinang (Kecamatan Bukitbestari, Tanjungpinang Kota, Tanjungpinang Timur), Lingga (Kecamatan Lingga, Singkep) di Provinsi Kepulauan Riau juga berpotensi mengalami banjir kategori menengah.

Baca juga: 3 Faktor Pemicu Banjir Rob Semakin Tinggi dan Semakin Sering Terjadi di Indonesia

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.