Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Bungkuk Putih Langka Mati Terdampar di Pantai Australia, Ini Penjelasan Ahli

Kompas.com - 24/07/2022, 10:05 WIB
Mela Arnani,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seekor paus bungkuk putih yang sangat langka terdampar mati di sebuah pantai di Australia.

Bangkai paus berwarna tidak biasa ditemukan pada 16 Juli lalu oleh penduduk setempat, Peter Coles, saat tengah melewati pantai terpencil dekat Mallacoota, Victoria.

Paus bungkuk berkulit putih ini mempunyai panjang sekitar 10 meter dan dipastikan sebagai betina remaja.

“(Paus yang mati) itu putih bersih dan memiliki penampilan seperti marmer. Saya pikir itu mirip patung, hampir tidak terlihat nyata,” ujar Coles seperti dikutip dari Live Science, Sabtu (23/7/2022).

Baca juga: Kabar Terbaru, Paus Bungkuk Dihapus dari Daftar Spesies Terancam

Para ahli tidak menganggap paus bungkuk yang mati adalah albino, meskipun berawarna putih. Albinisme adalah kondisi genetik yang menghalangi hewan memproduksi salah satu pigmen melanin, yang memberikan warna kulit, bulu, dan mata.

Petugas dari Departemen Lingkungan, Tanah, Air, dan Perencanaan (DELWP) Victoria yang melakukan perjalanan menuju lokasi terdamparnya paus tersebut menemukan bahwa paus tidak sepenuhnya berwarna putih.

“Ada bercak kulit berwarna gelap pada paus itu,” kata Peter Brick, komandan badan regional untuk DELWP di daerah tersebut.

Kondisi paus

Paus kemungkinan menderita laucism, suatu kondisi genetik mirip albinisme yang memengaruhi kemampuan beberapa sel individu untuk memproduksi melanin dan dapat menyebabkan perubahan warna yang tidak merata.

Sampel jaringan paus yang terdampar telah dikirimkan ke Museum Victoria untuk dilakukan analisis DNA, yang akan membantu memastikan kondisi tersebut.

Penjelasan lainnya yang mungkin untuk bintik-bintik pada paus, babhwa beberapa kulit telah terlepas saat tubuhnya membusuk.

Hal tersebut dapat terjadi karena paparan sinar matahari dan hempasan ombak saat paus mati mengapung di permukaan, bisa mengekspos kulit yang lebih terang di bawahnya.

"Tapi tampaknya kemungkinan besar (paus yang mati) adalah paus putih,” tutur seorang ilmuwan satwa liar di Macquatie University di Australia Vanessa Pirotta.

Baca juga: Hiu Paus Terdampar di Pantai Salido Dipotong Warga, Bagaimana Evakuasi yang Benar?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com