Kompas.com - 23/07/2022, 18:02 WIB

KOMPAS.com - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan Badan Antariksa Eropa (ESA) memiliki rencana baru untuk membagikan cara membawa potongan-potongan sampel Mars ke bumi dalam waktu dekat.

Seiring dengan rencana tersebut, akan diadakan konferensi pers mengenai pengembalian sampel Mars pada 27 Juli mendatang pukul 11.00 EDT.

Proyek ini bertujuan membawa sampel Mars yang dikumpulkan robot penjelajah Mars Perseverance ke bumi awal tahun 2033.

Sampel dari Mars akan diteliti untuk mencari tanda-tanda kehidupan Mars kuno, termasuk informasi evolusi planet merah ini selama ribuan tahun.

Selanjutnya, publik akan dimintai komentar mengenai penilaian lingkungan untuk misi pada Mei lalu yang bisa dilakukan secara online.

NASA akan mempertimbangkannya selama pengembangan misi dan berencana merilis rancangan pernyataan dampak lingkunan pada 2022.

Terdapat perubahan desain misi penjelajahan Mars, yang paling banyak terjadi pada bulan Maret, saat koalisi memutuskan untuk mengembangkan pendarat kedua karena diyakini dapat mendukung misi yang dilakukan.

Baca juga: NASA Bakal Bawa Sampel Mars ke Bumi, Beberapa Pihak Khawatir Bisa Mengandung Patogen Berbahaya

Cara pengambilan sampel Mars dimulai dari misi pendarat pertama yang akan mengirimkan kendaraan pendakian Mars (MAV) yang dikembangkan NASA ke permukaan planet merah ini.

Sedangkan pendarat kedua membawa alat buatan ESA untuk mengambil sampel Perseverance.

Setelah fetch rover mengambil cache dari Perseverance yang dkumpulkan di Kawah Jezero Mars, rover akan menempatkannya di dalam MAV.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber space.com
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.