[POPULER SAINS] Penyebab Telinga Berdenging | Hujan Meteor Akhir Juli 2022 | Kondom Firaun

Kompas.com - 15/07/2022, 07:02 WIB


KOMPAS.com - Penyebab telinga berdenging atau kondisi yang disebut dengan tinnitus menjadi salah satu berita populer Sains sepanjang Kamis (14/7/2022).

Saat telinga berdenging, biasanya tidak ada sumber suara eksternal, yang berarti tidak ada suara yang dekat dengan kepala yang membuat denging atau suara terdengar.

Akhir Juli ini, fenomena astronomi berupa hujan meteor akan dapat menghiasi langit malam.

Ada dua fenomena hujan meteor yang dapat disaksikan, di antaranya hujan meteor Alpha Capricornids dan Delta Aquarids.

Hepatitis akut misterius pada anak masih terus diselidiki penyebabnya. Pasalnya, virus yang menginfeksi sebagian besar anak-anak di dunia ini tidak terkait dengan virus penyebab hepatitis yang telah dikenal sebelumnya.

Penyakit ini pun masih memberi banyak teka-teki yang terus berupaya dipahami para ahli, termasuk apakah hepatitis akut misterius pada anak-anak ini dapat disembuhkan atau tidak.

Para arkeolog berhasil mengungkapkan kondom yang diklaim sebagai alat kontrasepsi tertua sepanjang sejarah.

Studi mengungkapkan bahwa artefak yang ditemukan itu adalah kondom Firaun yang digunakan oleh Raja Mesir kuno, Tutankhamun.

Berikut beberapa rangkuman berita populer Sains sepanjang Kamis (14/7/2022) hingga Jumat (15/7/2022).

Penyebab telinga berdenging

Tinnitus atau kondisi telinga berdenging bisa membuat orang yang mengalaminya merasa frustrasi. Pasalnya, denging yang terdengar dapat mengganggu pendengaran suara nyata di sekitar.

Seseorang dapat mengalami tinitus di satu atau kedua telinga. Orang-orang dari segala usia dapat mengalami tinnitus, tetapi kondisi ini lebih sering terjadi pada lansia.

Ada beberapa penyebab telinga berdenging atau tinnitus. Seperti kerusakan pada telinga tengah atau dalam. Dilansir dari Healthline, kerusakan pada telinga tengah atau dalam adalah penyebab tinnitus yang umum.

Penyebab telinga berdenging lainnya seperti adanya kerusakan pada gendang telinga Kerusakan pada gendang telinga atau tulang kecil di telinga tengah juga dapat mengganggu konduksi suara yang tepat.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.