Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rasa Lapar Ternyata Memang Bikin Marah, Ini Studinya

Kompas.com - 08/07/2022, 16:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kebanyakan orang tahu rasa lapar mulai membuat mereka marah. Lantas, kenapa orang mudah marah saat lapar

Kondisi itu bahkan memunculkan istilah khusus yang menggambarkan lapar dan marah secara bersamaan yaitu 'hangry' yang merupakan kombinasi dari dua kata bahasa Inggris, hungry (lapar) dan angry (marah).

Sekarang, studi pertama yang mengukur kondisi tersebut di dunia nyata telah menemukan bahwa memang ada hubungan antara nafsu makan dan emosi.

Hasil studi mengungkapkan semakin lapar Anda, semakin besar kemungkinan Anda juga akan merasa mudah tersinggung dan marah serta mengalami lebih sedikit kesenangan. Ini adalah efek yang kuat dan valid

"Banyak dari kita yang sadar bahwa lapar dapat memengaruhi emosi kita, tetapi yang mengejutkan hanya sedikit penelitian ilmiah yang berfokus pada rasa marah saat lapar," kata Viren Swami dari Anglia Ruskin University, Cambridge, Inggris.

Jadi, kenapa marah saat lapar

Baca juga: Mengapa Kita Merasa Lapar? Ini Penjelasannya Menurut Sains

Dikutip dari New Scientist, Kamis (7/7/2022) sebagian besar penelitian sebelumnya yang menyelidiki hubungan marah saat lapar pada manusia telah dilakukan di laboratorium.

Namun pada studi terbaru ini, Swami dan timnya ingin melihat seberapa kuat pengaruhnya kondisi itu saat mereka menjalani kehidupan mereka sehari-hari.

Untuk mengetahuinya, mereka meminta 64 orang dari Jerman, Austria, dan beberapa negara lain untuk menggunakan aplikasi telepon pintar dan mengisi beberapa survei singkat tentang emosi mereka dan seberapa lapar mereka selama tiga minggu.

Peserta lalu diminta untuk melaporkan perasaan dan tingkat kelaparan mereka pada aplikasi smartphone lima kali sehari, memungkinkan pengumpulan data dilakukan di lingkungan sehari-hari peserta seperti tempat kerja dan di rumah.

Dan benar saja, dari pengamatan itu peneliti menemukan ada hubungan rasa lapar dan marah

Baca juga: Misteri Tubuh Manusia: Kenapa Lapar Kadang Bikin Mual?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com