5 Fakta Subvarian BA.4 dan BA.5, Karakteristik hingga Upaya Pencegahannya

Kompas.com - 01/07/2022, 19:31 WIB

KOMPAS.com - Virus corona penyebab penyakit Covid-19 terus bermutasi dan memunculkan beragam varian baru yang memiliki karakteristik masing-masing.

Terbaru, subvarian Omicron BA.4 da BA.5 diwaspadai di sejumlah negara dikarenakan membuat kenaikan kasus infeksi.

Adapun di Indonesia, subvarian BA.4 dan BA.5 diprakirakan mencapai puncaknya pada pertengahan Juli 2022. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

Baca juga: Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 Terdeteksi di Indonesia, Bagaimana Karakteristiknya?

Menurutnya, kenaikan kasus infeksi Covid-19 diprediksi terjadi selama pekan kedua dan ketiga bulan ini. Tapi, puncak gelombangnya diperkirakan tidak akan setinggi kasus yang diakibatkan varian sebelumnya.

“Kalau Omicron mungkin butuh satu sampai satu setengah bulan untuk sampai ke puncak, ini (subvarian BA.4 dan BA.5) kurang dari satu bulan. Jadi udah sampai puncak, turun lagi. Itu sebabnya kenapa saya bilang minggu kedua minggu ketiga. Juli-lah puncaknya kita lihat angkanya di mana,” jelas Budi.

Sementara itu, kasus pasien yang dirawat di rumah sakit hingga kematian juga tidak akan setinggi puncak gelombang Omicron atau Delta yang terjadi sebelum-sebelumnya.

Baca juga: Kasus Subvarian BA.4 dan BA.5 Banyak Dialami Orang Usia Produktif, Ini Penjelasannya

Berikut rangkuman mengenai subvarian BA.4 dan BA.5:

1. Karakteristik BA.4 dan BA.5

Pakar dari Departemen Mikrobiologi di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof dr Amin Soebandrio Sp.MK, PhD menyebutkan bahwa subvarian BA.4 dan BA.5 memiliki karakteristik yang mirip dengan keturunan Omicron sebelumnya.

Varian Omicron mempunyai garis keturunan atau subvarian di antaranya BA.1, BA.2, dan BA.2.12.1, serta saat ini yang mulai mendominasi yaitu BA.4 dan BA.5.

“Ada beberapa mutasi yang menyebabkan dia punya sifat istimewa, sebagian besar (karakteristik) BA.4 dan BA.5 mirip BA.2,” jelas Amin.

Baca juga: Singapura Laporkan 3 Kasus Covid-19 Omicron BA.4 dan BA.5, Apa Itu?

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Kompas.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.