Kompas.com - 01/07/2022, 11:32 WIB
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Berang-berang laut merupakan anggota keluarga musang yang menghabiskan sebagian besar waktunya di air, tetapi di beberapa tempat, berang-berang laut ditemukan naik ke daratan untuk tidur.

Kebiasaan berang-berang laut menghabiskan waktu di air didukung oleh beberapa fitur di tubuhnya, seperti kaki yang berselaput, bulu anti air untuk menjaga mereka tetap kering dan hangat, serta lubang hidung dan telinga yang menutup ketika mereka di dalam air.

Berang-berang laut sering mengapung di permukaan air, berbaring telentang dengan posisi yang tenang. Mengutip National Geographic, ini adalah cara berang-berang laut tidur dan biasanya dilakukan dengan berkelompok.

Kebiasaan unik lainnya dari berang-berang laut adalah berpegangan tangan. Berang-berang laut kerap terlihat mengapung di air sambil berpegangan satu sama lain.

Alasan berang-berang laut berpegang tangan

Berang-berang laut berpegangan tangan saat mereka tidur di permukaan air. Dilansir dari North American Nature, salah satu alasan berang-berang laut berpegangan tangan adalah agar tidak hanyut di air.

Baca juga: Berang-berang, Hewan Berwajah Lucu yang Setia pada Satu Pasangan

Alasan lain berang-berang laut berpegangan tangan adalah karena mereka tidak ingin kehilangan pasangan betinanya. Pasalnya, ada persaingan yang ketat di antara berang-berang jantan saat mencari pasangan.

Kemudian, alasan ketiga berang-berang laut berpegangan tangan adalah untuk melindungi diri dari pemangsa atau pemburu. Ketika berang-berang berpegangan tangan, mereka dapat menjauh dari daratan sehingga sulit untuk ditangkap.

Bagaimana berang-berang laut memilih pasangan untuk bergandengan tangan?

Berang-berang laut tidak sembarangan memilih pasangan untuk bergandengan tangan. Berang-berang akan berpegangan tangan dengan pasangan atau keluarga mereka

Induk berang-berang laut biasanya menggendong bayinya, yang belum bisa bergandengan tangan, agar tidak hanyut dan terpisah dari kelompoknya.

Baca juga: Ahli Ungkap Rahasia Kemampuan Berang-berang Laut Bertahan di Perairan Dingin

Saat induk berang-berang laut harus berburu, mereka akan membungkus sang anak dengan dengan rumput laut. Ini dilakukan agar anaknya tidak hanyut dan sang induk dapat menemukannya dengan mudah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.