Kompas.com - 01/07/2022, 10:32 WIB
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Mineral terbentuk di semua lingkungan geologi dengan dipengaruhi oleh berbagai kondisi fisik dan kimia, seperti suhu dan tekanan.

Sebagai padatan kristal anorganik murni, mineral mempunyai struktur yang seragam pada tingkat molekuler. Sementara itu, zat buatan manusia dengan strutur murni bukanlah mineral.

Hanya padatan yang terjadi secara alami yang disebut sebagai mineral. Saat ini, terdapat lebih dari 3.000 mineral yang telah diketahui dan daftar tersebut masih terus bertambah.

Proses pembentukan mineral

Dilansir dari Sciencing, mineral terbentuk dalam berbagai kondisi, seperti pendinginan lava, penguapan air yang kaya mineral, dan pada suhu serta tekanan yang tinggi.

Mineral dapat terbentuk dari panas dan tekanan yang sangat tinggi, yang ditemukan jauh di bawah kerak Bumi, tempat batuan cair mengalir sebagai magma cair.

Baca juga: Batuan Metamorf: Pengertian dan Proses Pembentukan

Silikat dalam magma dapat membentuk mineral. Proses ini bisa menghabiskan waktu hingga jutaan tahun. Adapun 95 persen kerak Bumi terbentuk dari 9 mineral, yang semuanya adalah silikat, yang terbentuk melalui proses tersebut.

Berikut adalah proses pembentukan mineral berdasarkan kondisi fisik dan lingkungan sumbernya, sebagaimana dilansir dari American Museum and Natural History (AMNH):

Lingkungan hidrotermal

Proses pembentukan mineral di lingkungan hidrotermal membutuhkan air panas, yang melarutkan mineral dan mengangkut komponennya ke arah air mengalir.

Saat air bergerak, ia mendingin dan bahan terlarut dapat disimpan di ruang di batuan sekitarnya hingga membentuk kantong mineral.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.