Kompas.com - 22/06/2022, 19:31 WIB


KOMPAS.com - Laba-laba merupakan hewan yang memiliki keunikan, yaitu mampu untuk menghasilkan jaring fungsional dari tubuhnya.

Jaring tersebut terbentuk dari kumpulan bahan sutra berbentuk seperti benang, yang memiliki zat kimia sehingga membuatnya berkilau, kuat, dan ringan.

Bahkan, jaring laba-laba dikatakan lebih kuat dari baja dan memiliki mampu untuk diregangkan.

Berbicara tentang cara laba-laba menghasilkan jaring, para ilmuwan juga telah melakukan serangkaian penelitian untuk mengetahui proses tersebut.

Lantas, bagaimana laba-laba menghasilkan jaring dari tubuhnya? Serba-serbi hewan kali ini akan membahas mengenai hal tersebut.

Dilansir dari Smithsonian Magazine, Kamis (3/12/2015) setiap laba-laba dapat membuat hingga tujuh jenis sutra yang berbeda.

Baca juga: Jaring Laba-laba Bisa Jadi Pemantau Kontaminasi Mikroplastik di Perkotaan

Meski begitu, ilmuwan di National Museum of Natural History Smithsonian Jonathan Coddington, menyebut umumnya laba-laba membuat empat hingga lima jenis sutra saja.

Laba-laba menggunakan sutra tersebut untuk beberapa hal, termasuk menghasilkan jaring.

"Mengapa (laba-laba) membangun jaring? Jaring berfungsi sebagai pertahanan. Jika tinggal di jaring, itu akan menjadi struktur pertahanan,” kata Coddington.

Selain itu, fungsi jaring laba-laba juga untuk menangkap mangsanya. Sehingga, mereka bisa tetap bertahan hidup dengan mengonsumsi hewan yang terjerat di antara jaring-jaringnya.

Terkadang, hewan ini juga memakan jaringnya sendiri, sebagai cara untuk menyuplai material pembuat sutra agar bisa membangun jaring baru.

Sutra jaring laba-laba terbuat dari rantai protein terhubung yang membantunya tetap kuat, dan memiliki fleksibilitas.

Baca juga: Tak Punya Telinga, Laba-Laba Mendengar dengan Bantuan Jaring

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.