Kompas.com - 21/06/2022, 19:15 WIB

KOMPAS.com - Banjir pesisir (rob) dilaporkan masih terjadi di beberapa daerah di jalur pantai utara (pantura)Jawa Tengah.

Dikutip dari pemberitaan Kompas.com, Selasa (21/6/2022) terdapat 10 kabupaten/kota yang terdampak banjir rob pada Senin (20/6/2022), di antaranya:

  1. Kabupaten Jepara
  2. Kabupaten
  3. Demak
  4. Kota Semarang
  5. Kabupaten Kendal
  6. Kabupaten Batang
  7. Kabupaten Pekalongan
  8. Kota Pekalongan
  9. Kabupaten Pemalang
  10. Kabupaten Tegal
  11. Kota Tegal

Kabid Penanganan Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah Dikki Rulli Perkasa menyampaikan bahwa banjir rob yang terjadi di sejumlah kabupaten/kota tersebut berangsur surut sejak Senin (20/6/2022) pukul 17.00 WIB.

"Jam 5 sore sudah surut, lalu masih ada yang di daerah cekungan, air yang di cekungan airnya enggak bisa kemana-mana itu yang kita pakai pompa kemarin," jelas Dikki.

Baca juga: Ini Daftar Wilayah Potensi Banjir Rob pada 11-23 Juni

"Jadi sebenarnya (banjir rob di pantura) secara otomtis dia surut dengan sendirinya, makanya itu jadi kalau kita ngomong ke masyarakat yang terdampak itu biasa nanti surut sendiri," lanjutnya.

Penjelasan BMKG soal banjir rob di Pantura

Kepala Pusat Meteorologi Maritim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Eko Prasetyo, MT, menerangkan banjir pesisir (rob) semakin sering terjadi saat pasang tinggi bulanan (awal bulan Hijriah) dan Bulan purnama, disertai angin kencang serta gelombang tinggi.

Hal itu pun disebabkan bentuk pantai yang landai, sehingga air laut mudah melimpas atau mengalir ke daratan. 

"Di samping juga kondisi pantai yang langsung berhubungan dengan penduduk tanpa ada penghalang atau alat penahan ombak maupun mangrove," ucap Eko kepada Kompas.com, Selasa (21/6/2022).

"Titik (banjir) rob saat ini merata dari Brebes sampai Rembang dengan ketinggian yang berbeda-beda," lanjutnya.

Dihubungi secara terpisah, Sub Koordinator Layanan Informasi Meteorologi Maritim BMKG, Rismanto Effendi mengatakan salah satu faktor utama penyebab banjir rob di pantura Jawa Tengah karena adanya fenomena super full moon.

Baca juga: 3 Penyebab Banjir Rob, Air Laut Pasang hingga Faktor Astronomis

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.