Ikan Berpenampilan Jelek Paling Terancam Punah, Apa Sebabnya?

Kompas.com - 21/06/2022, 18:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com- Sebuah studi mengungkapkan bahwa ikan 'berpenampilan jelek' atau tidak menarik ternyata spesies paling terancam punah.

Dalam sebuah film dokumenter seperti Blue Planet menggambarkan variasi kehidupan yang luar biasa di lautan, mulai dari ragam warna hingga bentuk makhluk yang hidup di sana.

Namun ternyata ada sesuatu yang menarik ketika mulai membicarakan upaya konservasi.

Studi yang dilakukan oleh tim peneliti internasional menemukan, ikan dengan penampilan yang tak menarik ternyata paling membutuhkan dukungan konservasi.

Pasalnya, spesies ikan dengan warna yang menjemukan dan tubuh tak menarik secara estetika itu justru menjadi ikan yang paling terancam punah.

Mengutip Science Focus, Selasa (21/6/2022) ikan berpenampilan jelek terancam punah ini rupanya memiliki sifat unik yang membuat mereka memiliki peran penting secara ekologis.