Kompas.com - 21/06/2022, 19:05 WIB

KOMPAS.com - Menemani aktivitas Anda di rumah, ada fenomena menarik yang menghiasi langit Indonesia besok pagi (22/6/2022).

Fenomena tersebut adalah konjungsi antara Bulan dan Planet Jupiter. Konjungsi juga disebut sebagai kesejajaran antar benda langit tersebut.

Astronom Amatir Indonesia, Marufin Sudibyo mengatakan, konjungsi Bulan dan Jupiter ini terjadi pada fajar di hari Rabu, 22 Juni 2022.

Baca juga: 5 Ciri-ciri Planet Jupiter

Konjungsi Bulan-Jupiter adalah peristiwa seakan berkumpulnya Bulan dan planet Jupiter dalam satu lokasi yang sama jika dilihat dari Bumi.

Kedua benda langit ini akan nampak dalam satu garis lurus di langit, yang membuat momen ini menjadi waktu yang tepat untuk melihat bagaimana penampakan Planet Jupiter di atas langit.

Dengan begitu, jika Anda melihat ada sebuah benda langit seperti bintang yang sejajar atau segaris lurus dengan Bulan di langit, maka itu bisa jadi adalah Planet Jupiter.

"Konjungsi terjadi di kala fajar sebelum terbitnya Matahari," kata Marufin kepada Kompas.com, Rabu (1/6/2022).

Di atas kertas kedua benda langit tersebut akan nampak di atas cakrawala timur selama lebih dari 4 jam hingga terbitnya Matahari.

Marufin mengatakan, untuk dapat mengamati fenomena ini, Anda bisa menyaksikannya dengan mata telanjang tanpa alat bantu.

Jupiter akan nampak di sisi atas (barat) Bulan sejauh sekitar 5 derajat.

Kendati bisa dilihat dengan mata telanjang, Marufin menyarankan, akan lebih baik jika diabadikan dengan kamera dengan teknik astrofotografi.

 Baca juga: NASA Bagikan Foto 2 Bulan Milik Jupiter, Seperti Apa?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.