Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lewatkan, Konjungsi Jupiter dan Neptunus di Langit Usai Sahur

Kompas.com - 07/04/2022, 20:21 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Sembari menemani waktu usai sahur menjelang pagi hari, bisa jadi momen yang tepat bagi Anda untuk mengamati Planet Jupiter dan Neptunus. Kedua planet ini akan mengalami konjungsi pada Jumat (8/4/2022). 

Hal ini dikarenakan, dalam sepekan ke depan, sejak tanggal 7-15 April 2022 akan ada fenomena langit menarik yakni konjungsi antara planet Jupiter dan Neptunus.

Fenomena konjungsi Jupiter dan Neptunus adalah peristiwa seakan berkumpulnya planet Jupiter dan planet Neptunus dalam satu lokasi yang sama jika dilihat dari Bumi.

Astronom amatir Indonesia Marufin Sudibyo mengatakan, dalam kondisi ini kedua planet tersebut akan nampak dalam satu garis lurus.

Baca juga: Mulai Malam Ini, Ada Tripel Konjungsi Bulan, Jupiter, dan Saturnus

Dengan begitu, jika Anda melihat ke arah langit arah timur saat fajar dan menemukan dua benda langit bersinar seperti bintang tetapi lebih terang dan tampak lurus berdampingan, bisa jadi itu adalah planet Jupiter dan Neptunus. 

"Konjungsi terjadi di kala fajar sebelum terbitnya Matahari. Neptunus sangat redup dan berada di sisi kanan atas (selatan) Jupiter 1 - 2 derajat," jelas Marufin kepada Kompas.com, Kamis (7/4/2022).

Di atas kertas kedua benda langit tersebut akan tampak di atas cakrawala timur selama kurang dari sejam sebelum terbitnya Matahari.

Namun, Marufin menyarankan, jika Anda ini mengabadikan fenomena langit menarik yang satu ini, konjungsi Jupiter dan Neptunus, maka Anda membutuhkan kamera yang memiliki lensa dengan panjang fokus besar.

"Lebih baik lagi jika menggunakan teleskop (mengamati fenomena konjungsi Jupiter dan Neptunus)," ujarnya.

Baca juga: 800 Tahun Sekali: Jangan Lewatkan Fenomena Konjungsi Agung Jupiter-Saturnus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com