Kompas.com - 27/05/2022, 13:22 WIB

KOMPAS.com - Gempa terkini bermagnitudo 6,5 yang memiliki parameter update 6,4 magnitudo, mengguncang wilayah Pantai Selatan Pulau-Pulau Terselatan, Timor, Maluku Barat Daya, Maluku, hari ini Jumat (27/5/2022) pukul 09.36 WIB.

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa episenter gempa terletak pada koordinat 8,58° LS - 127,14° BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 87 km barat daya Maluku Barat Daya, Maluku pada kedalaman 53 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal," ujar Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono kepada Kompas.com, Jumat (27/5/2022).

Ia menambahkan, gempa hari ini terjadi dikarenakan adanya deformasi batuan akibat benturan Australia dengan Timor tepat pada struktur lama palung/trench terusan Palung Jawa di Samudra Hindia.

Baca juga: Hari Ini Bengkulu Diguncang Gempa Tektonik 4,8 Magnitudo, Begini Analisisnya

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa Maluku hari ini memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip).

Gempa ini berdampak dan dirasakan di beberapa daerah seperti:

  • Timur Leste dengan skala intensitas IV-V MMI, getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun
  • Alor dengan skala intensitas III-IV MMI, getaran dirasakan oleh orang banyak dalam rumah
  • Kupang dengan skala intensitas II MMI, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami," tegas Daryono.

Adapun hasil monitoring BMKG hingga pukul 10.15 WIB, belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock) dari gempa Maluku Barat Daya yang terjadi pagi tadi. 

 Baca juga: Gempa M 5,1 Guncang Laut Arafuru Maluku, Tak Berpotensi Tsunami

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.