Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Bumi M 5,2 Guncang Laut Maluku Utara Tak Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 26/12/2021, 11:25 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gempa bumi tektonik bermagnitudo M 5,2 mengguncang wilayah Maluku Utara pada pukul 09.22 WIB, Minggu (26/12/2021).

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,4.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi mengatakan, episenter gempabumi terletak pada koordinat 2,28° LU; 126,76° BT.

Baca juga: Update Gempa Bumi Larantuka NTT, Sudah 505 Kali Susulan hingga Hari Ini

Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 138 kilometer arah Barat Laut Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara pada kedalaman 38 kilometer.

Bambang menjelaskan, dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya deformasi dalam Lempeng Laut Maluku.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," kata Bambang.

Kendati lokasi gempa bumi ini berada di laut, hasil pemodelan BMKG tidak menunjukkan adanya potensi tsunami.

Namun, diketahui berdasarkan estimasi peta guncangan atau shakemap gempa bumi ini berpotensi menimbulkan guncangan di daerah Tobelo III MMI, di mana getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan truk berlalu.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," kata Bambang.

Sementara itu, hasil monitoring BMKG hingga pukul 09.50 WIB, Minggu (26/12/2021) belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock.

Dengan kondisi ini, masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Upayakan menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Serta, periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali kedalam rumah.

Baca juga: 7 Fakta Gempa Jember Jawa Timur, BMKG Sebut Wilayah Rawan Gempa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com