Kompas.com - 27/05/2022, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Sebuah asteroid besar berukuran lebih dari 13 kali Monumen Nasional (Monas) akan mendekat ke Bumi pada hari ini 27 Mei 2022.

Asteroid bernama 7335 (1989 JA) ini berada pada jarak sekitar 4 juta kilometer atau hampir 10 kali jarak rata-rata antara Bumi dan Bulan.

Mengingat ukuran batu luar angkasa yang sangat besar dengan diameter 1,8 km dan relatif dekat dengan Bumi, asteroid ini diklasifikasikan berpotensi berbahaya. Artinya, asteroid dapat melakukan kerusakan besar pada planet apabila orbitnya berubah dan menumbuk Bumi.

Menurut NASA, 7335 (1989 JA) merupakan asteroid terbesar yang akan melakukan pendekatan ke Bumi tahun ini. Para ilmuwan memperkirakan asteroid bergerak dengan kecepatan sekitar 47.200 mph (76.000 km/jam).

Asteroid ini menjadi salah satu dari lebih 29.000 objek dekat Bumi (NEO) yang dilacak NASA setiap tahun. NEO mengacu pada objek astronomi apa pun yang melintas dalam jarak sekitar 30 juta mil (48 juta km) dari orbit Bumi.

Baca juga: Hari Ini, Badai Matahari Ringan Menghantam Bumi

Apakah akan terlihat dari Indonesia?

Astronom amatir Marufin Sudibyo menjelaskan bahwa asteroid yang mendekat Bumi hari ini akan ada di langit selatan.

"Melintas di rasi bintang Centaurus, berdekatan dengan rasi Crux atau Gubug Penceng (nama lain Layang Layang atau Salib Selatan)," ujar Marufin saat dihubungi Kompas.com, Jumat (27/5/2022).

Asteroid yang akan melintas Bumi ini cukup redup sehingga praktis hanya lebih terang dibandingkan Pluto.

Meski begitu, asteroid 7335 (1989 JA) dapat terlihat dari Indonesia, tetapi dalam pengamatannya harus menggunakan teleskop besar.

"Butuh teleskop besar (diameter cermin/lensa > 20 cm) untuk mengamatinya (asteroid) dengan mudah," jelas dia.

Baca juga: Roket SpaceX Digunakan Lagi, Populasi Satelit Starlink di Orbit Bumi Bertambah

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.