Kompas.com - 26/05/2022, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Ada beberapa orang yang merasa mual setelah olahraga. Anda mungkin salah satunya. Kondisi ini umumnya berlangsung sementara, namun tetap terasa tidak nyaman dan bisa mengganggu aktivitas.

Menurut Profesor sekaligius Direktur di Clinical Anatomy Learning Centre di Lancaster University, Adam Taylor, sains bisa menjelaskan kenapa setelah olahraga perut terasa mual.

Taylor mengatakan, ketika sedang berolahraga terjadi peningkatan aliran darah ke otot yang bekerja di otak, paru-paru, dan jantung. Normalnya, arteri akan melebar supaya darah bisa dialirkan lebih banyak lagi.

Namun, ketika berolahraga berat sistem saraf simpatik mempersempit pembuluh darah yang menuju sistem pencernaan. Sehingga, aliran darah dan oksigen di area tersebut pun menurun.

Baca juga: Kenapa Setiap Pagi Mual tapi Tidak Hamil?

Perubahan inilah yang diyakini Taylor menjadi salah satu alasan mengapa mual terjadi selama atau setelah latihan fisik.

"Jadi, ketika kita berolahraga, darah perlu mengalir ke otot, jantung, paru-paru, dan otak, yang berarti aliran darah berkurang di jaringan yang kurang aktif, seperti saluran pencernaan," tutur Taylor dalam artikelnya di The Conversation.

"Ketika aliran darah berkurang di daerah ini, itu memicu saraf usus kita, yang kemudian menyebabkan perasaan mual," sambung dia.

Selain itu, selama berolahraga seperti melakukan squat, perut dan organ di dalamnya bisa jadi tertekan dan hal ini memicu rasa mual.

Makan sebelum olahraga juga bisa menyebabkan mual, karena perut merenggang dan melepaskan asam serta enzim yang dibutuhkan untuk mencerna makanan. Pada akhirnya, otot perut menjadi lebih aktif, yang membutuhkan lebih banyak oksigen maupun aliran darah.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Mual dan Muntah dengan Pengobatan Rumahan

Cara mencegah mual saat olahraga

Oleh karena itu, penting memperhatikan waktu makan maupun asupan yang dikonsumsi sebelum berolahraga.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.