Kompas.com - 30/04/2022, 04:02 WIB


KOMPAS.com - Konsumsi buah sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh selama menjalankan puasa Ramadhan. Ada beberapa buah "ajaib" yang sehat untuk dikonsumsi, baik saat sahur maupun berbuka puasa.

Dilansir dari Times of India, Sabtu (30/4/2022), ahli gizi mengatakan bahwa makan buah setelah berpuasa dapat mengembalikan keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Sebab, selama sehari penuh berpuasa, cairan tubuh akan banyak berkurang. Oleh karenanya, untuk mengembalikan tubuh agar terhidrasi kembali, maka tubuh memerlukan mineral dan cairan pengganti segera mungkin.

Ahli diet Rachana Bhagwat mentakan bahwa buah-buahan dapat dikonsumsi selama menjalankan puasa.

Untuk diketahui, manfaat makan buah atau konsumsi buah, akan membantu tubuh dapat kembali segar dan berenergi, sehingga siap menjalankan puasa di hari berikutnya.

Lantas, buah apa saja yang baik untuk dikonsumsi?

Baca juga: Manfaat Makan Buah Saat Sahur dan Buka Puasa untuk Tubuh

Ada banyak jenis buah yang bisa dikonsumsi selama menjalankan puasa Ramadhan, baik dimakan saat sahur maupun berbuka puasa. Namun, ada 4 buah ajaib untuk kesehatan yang bisa konsumsi, di antaranya sebagai berikut.

1. Kurma

Siapa yang tidak kenal kurma? Buah kering ini merupakan salah satu buah wajib yang selalu ada di meja makan, baik untuk dikonsumsi sebelum makan sahur, maupun untuk berbuka puasa.

Kurma adalah sumber energi yang sangat baik untuk tubuh. Oleh karena itu, kurma jenis apapun, baik kurma segar maupun yang dikeringkan sangat baik untuk dikonsumsi.

Manfaat kurma dapat memberikan energi dengan kandungan gula yang banyak dalam setiap buahnya.

2. Strawberry 

Buah ajaib untuk kesehatan puasa Ramadhan lainnya adalah strawberry. Buah strawberry adalah buah yang sangat kaya akan vitamin C, anti oksidan dan dapat memberikan perlindungan kulit alami.

Baca juga: 4 Buah Paling Tidak Sehat, Tinggi Gula hingga Kalori

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.